(ABSTRAK) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA STUDIO MUSIK D-FIVE SEMARANG

PUGUH ANTON WIBOWO, 3352402125 (2009) (ABSTRAK) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA STUDIO MUSIK D-FIVE SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA STUDIO MUSIK D-FIVE SEMARANG) - Published Version
Download (50Kb)

    Abstract

    Perkembangan informasi telah membawa dampak besar dalam berbagai bidang usaha. Musik telah menjadi komoditi usaha yang dinamis. Sejalan dengan hal tersebut banyak bemunculan usaha yang berkaitan dengan musik, salah satunya adalah Studio musik. Dari kenyataan tersebut Penulis tertarik mengangkat permasalahan: Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap pembentukan sikap konsumen dalam menggunakan layanan jasa studio D-five Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap pembentukan sikap konsumen dalam menggunakan layanan jasa studio D-five Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen studio D-five Semarang. Karena populasi tidak diketahui maka pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Sitepu. Dari rumus tersebut diperoleh besarnya sampel 115 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan pembentukan sikap sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentasa dan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi : = 4,721+ 0,419X. Uji keberartian persarnaan regesi dengan uji F diperoleh Fhitung = 110,448 dengan signifikansi 0,000 <0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan pembentukan sikap konsumen dalam menggunakan jasa studio d-five Semarang. Besarnya pengaruh dapat dilihat nilai R2 yaitu 0,494, berarti bahwa 49,4% pembentukan sikap konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan sisanya yaitu 50,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kesimpulan dari peneliaian ini adalah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dengan pembentukan sikap konsumen pada studio D-five. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap pembentukan sikap konsumen pada studio D-five Semarang adalah 49,4% dan sisanya sebesar 50,6% dipengaruhi faktor lain diluar kualitas pelayanan yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat diajukan berkaitan dengan temuan tersebut adalah: 1) Walaupun peralatan Studio sudah berkualitas hendaknya pemilik juga memperbaruhi peralatan-peralatan studio, sehingga bisa mengikuti perkembangan dan keinginan konsumen. 2) Memperbaiki penampilan pegawai, sehingga konsumen merasa dihargai. 3) Konsisten dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, misalnya selalu tanggap dan bersikap sopan terhadap konsumen dalam menangani setiap permasalahan, sehingga konsumen merasa nyaman dan tetap menggunakan jasa Studio d-five.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Pembentukan Sikap
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 13 Oct 2011 23:54
    Last Modified: 18 Oct 2011 22:07

    Actions (login required)

    View Item