(ABSTRAK)SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMP NEGERI SE KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN

Miftakudin Nur , 6101405087 (2009) (ABSTRAK)SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMP NEGERI SE KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMP NEGERI SE KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (46Kb)

    Abstract

    Adanya asumsi negatif yang selama ini membebani profesi guru Penjasorkes yaitu tentang kinerja guru Penjasorkes yang dinilai rendah oleh rekan- rekan guru bidang studi non Penjasorkes memotivasi penulis untuk melakukan penelitian secara empiris tentang bagaimana persepsi guru-guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes di SMP Negeri se Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes di sekolah?. Subjek yang diteliti adalah 95 orang guru non Penjasorkes untuk diminta mengisi kuesioner yang telah diberikan dan di jelaskan oleh peneliti guna mendapatkan informasi tentang bagaimana persepsi mereka terhadap kinerja guru Penjasorkes di sekolahnya. Data yang diperoleh dari kuesioner tentang persepsi kinerja guru meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial. Data yang diperoleh dianalisis sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Penjasorkes di SMP Negeri se Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan menurut persepsi guru non Penjasorkes tergolong tinggi, terbukti dari tingginya kompetensi kepribadian mencapai 98,04%, kompetensi pedagogik sebesar 88,55%, kompetensi profesional sebesar 93,08%, dan kompetensi sosial sebesar 89,06%. Persepsi guru non Penjasorkes SMP Negeri Se-Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan terhadap kinerja guru Penjasorkes telah masuk dalam kategori baik. Persepsi guru non Penjasorkes terhadap aspek memiliki kepribadian guru Penjasorkes sebagai pendidik menunjukkan hasil yang baik, memiliki kompetensi pedagogik yang baik, memiliki kompetensi profesional sebagai pendidik yang baik dan memiliki kompetensi sosial sebagai pendidik yang baik pula.Guru penjasorkes hendaknya tetap mempertahankan keempat kompetensi yang telah dianggap baik oleh guru non Penjasorkes yaitu, kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial sebagai pendidik agar persepsi guru non Penjasorkes terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tetap baik dan mampu memotivasi guru lain untuk dapat melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan pada masa-masa yang akan datang

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kinerja Guru Penjasorkes
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 13 Oct 2011 21:52
    Last Modified: 18 Oct 2011 22:08

    Actions (login required)

    View Item