(ABSTRAK) HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 KAJEN TAHUN AJARAN 2009/2010

Churiaturrosida , 3101406536 (2010) (ABSTRAK) HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 KAJEN TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 KAJEN TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (74Kb)

    Abstract

    Sumber belajar sangat diperlukan agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan maksimal. Perpustakaan daerah merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas XI SMA N 1 Kajen kabupaten Pekalongan untuk mempermudah dalam memahami pelajaran. Pemanfaatan perpustakaan daerah kurang mendapat perhatian dari siswa dan guru dalam pemanfaatannya untuk menunjang belajar mengajar. Siswa sendiri kurang mempunyai minat baca buku, padahal membaca merupakan modal utama siswa untuk mencapai prestasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pemanfaatan koleksi perpustakaan daerah kabupaten pekalongan sebagai salah satu sumber belajar oleh siswa kelas XI SMA N Kajen tahun 2009/2010, (2) adakah hubungan yang signifikan antara pemanfaatan koleksi perpustakaan daerah kabupaten pekalongan dengan prestasi belajar siswa XI SMA N 1 Kajen tahun 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan dengan serangkaian prosedur yang berturut-turut dikelompokkan antara lain menentukan populasi, sampel, variabel, metode pengumpulan data, menganalisis data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Kajen tahun 2009/2010 yang berjumlah 248 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling yaitu dengan pengambil 20% dari populasi kelas XI sehingga diperoleh 50 siswa. Variabel yang dikaji ada dua yaitu (1) pemanfaatan perpustakaan daerah sebagai variabel bebas dan (2) prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat.. metode pengumpulan data yang dipakei adalah metode dokumentasi, metode angket, metode wawancara. Sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah deskriptif persentase dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan perpustakaan daerah sebagai sumber belajar oleh siswa termasuk dalam kriteria tinggi dengan persentase 64%. Pemanfaatan perpustakaan daerah oleh siswa tersebut ada hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan kefisien korelasi (rhitung) yaitu 0,473. Sedangkan jika dilihat dalam tabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh rtabel 0,297. Karena rhitung > rtabel , maka dinyatakan bahwa korelasi antara pemanfaatan perpustakaan daerah (variabel x) dengan prestasi belajar siswa (variabel y) memiliki hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan masukan supaya pihak sekolah memiliki kerja sama yang baik dengan pihak perpustakaan daerah. Bagi guru untuk mengembangkan dan mendorong siswa untuk lebih memanfaatkan perpustakaan daerah dengan mengintensifkan pemberian tugas iii yang bersumber dari buku-buku yang ada di perpustakaan daerah. Bagi coordinator perpustakaan daerah untuk lebih memanfaatkan pelayanan agar siswa tidak enggan untuk berkunjung ke perpustakaan daerah. Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan pemanfaatan perpustakaan daerah dengan lebih sering membaca bu-buku di perpustakaan daerah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Perpustakaan Daerah, Prestasi Belajar.
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 12 Oct 2011 23:02
    Last Modified: 18 Oct 2011 22:32

    Actions (login required)

    View Item