Pengaruh Prestasi Akademik, Motivasi Berprestasi dan Peran Pembimbing terhadap Hasil Praktik Mengajar dalam Program Praktik Pengalaman Lapangan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Semester VII Tahun 2007

Heni Nurkhayati, 2008 (2009) Pengaruh Prestasi Akademik, Motivasi Berprestasi dan Peran Pembimbing terhadap Hasil Praktik Mengajar dalam Program Praktik Pengalaman Lapangan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Semester VII Tahun 2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Prestasi Akademik, Motivasi Berprestasi dan Peran Pembimbing terhadap Hasil Praktik Mengajar dalam Program Praktik Pengalaman Lapangan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Semester VII Tahun 2007) - Published Version
Download (21Kb)

    Abstract

    Nurkhayati, Heni. 2008. Pengaruh Prestasi Akademik, Motivasi Berprestasi dan Peran Pembimbing terhadap Hasil Praktik Mengajar dalam Program Praktik Pengalaman Lapangan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Semester VII Tahun 2007 . Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Prestasi Akademik, Motivasi Berprestasi, Peran Pembimbing, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Praktik Pengalaman Lapangan merupakan rangkaian dari program pembelajaran di dalam prodi pendidikan akuntansi. Dalam pelaksanaan PPL ini mahasiswa diajarkan profesionalitas sebelum mereka terjun ke dunia mengajar sebagai guru. Keberhasilan mengajar ini dapat disebabkan oleh faktor internal praktikan seperti penguasaan dan pemahaman secara tuntas terhadap matakuliah-matakuliah yang diajarkan. Disamping itu praktikan juga harus memiliki motivasi berprestasi sebagai dorongan untuk mendapatkan hasil prektek mengajar yang baik. Selain itu faktor eksternal yang dipengaruhi oleh peran pembimbing baik dosen mupun pembimbing yang selalu mengarahkan praktikan sehingga mencapai hasil yang baik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi semester VII tahun 2007 yaitu sebanyak 167 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian dipilih secara proportional random sampling karena populasi bersifat homogen dan tersebar maka diperoleh sampel sebanyak 64 orang. Dalam metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Untuk menganalisis data penelitian digunakan metode analisis regresi ganda. Hasil penelitian dengan metode analisis regresi ganda menunjukan ada pengaruh prestasi akademik, motivasi berprestasi dan peran pembimbing terhadap hasil praktik mengajar dalam program PPL pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi semester VII tahun 2007. Besarnya pengaruh tersebut yaitu 0,526 atau 52,6%. Ini berarti bahwa prestasi akademik, motivasi berprestasi dan peran pembimbing mempengaruhi hasil PPL sebesar 52,6% sedangkan 47,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini yaitu bagi dosen pembimbing PPL hendaknya meningkatkan insensitas imbingannya terhadap praktikan untuk meminimalisir kendala praktikan di sekolah. Selain itu guru pamong dapat memberikan peluang berlatih mengajar kepada praktikan dengan frekuensi lebih banyak. Selain itu praktikan diharapkan untuk lebih mempersiapkan diri dengan baik sebagai seorang guru dengan lebih mendalami materi pelajaran dan kurikulum yang sedang berlaku serta senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi dalam melaksanakan praktik mengajar. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengadakan penelitian dengan faktor-faktor yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Prestasi Akademik, Motivasi Berprestasi, Peran Pembimbing, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 12 Oct 2011 00:05
    Last Modified: 18 Oct 2011 22:47

    Actions (login required)

    View Item