Perbedaan Minat Membeli Ditinjau Dari Bentuk Iklan Testimonial Dan Iklan Komparatif (Penelitian Eksperimental Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang)

Idha Dwi Retnaningsih , 2009 (2009) Perbedaan Minat Membeli Ditinjau Dari Bentuk Iklan Testimonial Dan Iklan Komparatif (Penelitian Eksperimental Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perbedaan Minat Membeli Ditinjau Dari Bentuk Iklan Testimonial Dan Iklan Komparatif (Penelitian Eksperimental Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Retnaningsih, Idha Dwi. 2009. Perbedaan Minat Membeli Ditinjau Dari Bentuk Iklan Testimonial Dan Iklan Komparatif (Penelitian Eksperimental Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang) Skripsi, Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Siti Nuzulia, S.Psi, M.Si dan Drs. Sugiyarta SL., M.Si Kata Kunci : Minat Membeli, Iklan Testimonial dan Iklan Komparatif Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya suatu fenomena di kalangan mahasiswa jurusan psikologi Universitas Negeri Semarang mengenai minat membeli mereka terhadap suatu produk ditinjau dari bentuk iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat membeli ditinjau dari bentuk iklan testimonial dan iklan komparatif pada mahasiswa jurusan psikologi. Minat membeli konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satunya adalah iklan. Iklan merupakan bentuk komunikasi pemasaran melalui berbagai media untuk menginformasikan suatu barang dan jasa. Perbedaan bentuk iklan dapat mempengaruhi minat membeli konsumen karena setiap bentuk iklan memiliki daya tarik dan cara tersendiri dalam menyampaikan iklan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan psikologi Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Semarang angkatan 2001 sampai dengan angkatan 2007 yang masih aktif kuliah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 mahasiswa yang terdiri dari 30 mahasiswa jurusan psikologi angkatan 2004 sebagai kelompok kontrol dan 30 mahasiswa jurusan psikologi angkatan 2005 sebagai kelompok eksperimen. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dan accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen kuasi (quasi experimental). Jenis desain eksperimen kuasi yang digunakan adalah desain eksperimen non random (non randomized posttest control group design). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala psikologi yaitu skala minat membeli sebanyak 40 item. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji beda-t (t-test) dengan menggunakan bantuan komputer program (SPSS) versi 12 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan minat membeli yang signifikan pada mahasiswa jurusan psikologi antara kelompok Eksperimen (E) dengan kelompok Kontrol (K) sehingga hipotesis kerja dalam penelitian ini ditolak. Adanya minat membeli yang tinggi belum tentu berlanjut pada tindakan pembelian jika terdapat penghalang berupa harga yang tinggi, tidak adanya ketersediaan produk di pasar dan keadaan finansial konsumen. Setiap konsumen harus jeli menangkap informasi mengenai suatu produk dari iklan dan produsen pun hendaknya mampu melakukan komunikasi pemasaran yang baik agar dapat menjaring minat membeli konsumen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Minat Membeli, Iklan Testimonial dan Iklan Komparatif
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 11 Oct 2011 20:26
    Last Modified: 18 Oct 2011 23:03

    Actions (login required)

    View Item