Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended Bernuansa Aplikasi Learning To Know, Learning To Do, Learning To Live Together, dan Learning To Be terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Prapti Nugraha Duhita , 4101405051 (2009) Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended Bernuansa Aplikasi Learning To Know, Learning To Do, Learning To Live Together, dan Learning To Be terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ( Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended Bernuansa Aplikasi Learning To Know, Learning To Do, Learning To Live Together, dan Learning To Be terhadap Hasil Belajar Peserta Didik) - Published Version
Download (1334Kb)

    Abstract

    Keberhasilan pembelajaran di sekolah merupakan suatu hal yang sangat diharapkan. Keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran diukur menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum. Pencapaian keberhasilan tersebut seharusnya bersamaan dengan adanya partisipasi aktif peserta didik dan dapat memberikan keleluasaan berpikir secara aktif dan mampu mengundang peserta didik untuk menjawab permasalahan melalui berbagai strategi sehingga memacu perkembangan matematikanya sehingga tercipta suasana belajar yang bermakna. Salah satu cara untuk menciptakan suatu pembelajaran matematika yang bermakna adalah dengan menerapkan pendekatan open-ended dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar peserta didik, untuk mengetahui apakah dengan pendekatan open-ended peserta didik dapat mencapai tuntas belajar, dan mengetahui apakah minat peserta didik berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Semarang pada semester kedua tahun pelajaran 2008/2009 dengan menggunakan kelas XI IPA sebagai populasi penelitian. Data yang diukur adalah data hasil belajar peserta didik dan data minat peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode tes dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 73,29 dengan presentase peserta didik yang mencapai tuntas belajar adalah 85,37%, sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol adalah 67,80 dengan presentase peserta didik yang mencapai tuntas belajar adalah 58,54%. Minat peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan 21,95% sangat tinggi, 41,46% tinggi, 16,63 % rendah, 21,95% sangat rendah. Minat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 66,92%, sedangkan 33,08% nya dipengaruhi oleh faktor lain. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, menggunakan pendekatan open-ended peserta didik dapat mencapai tuntas belajar, dan minat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, maka saran bagi para guru untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan pendekatan openended terutama pada saat mengulang materi yang telah diajarkan. Pembelajaran dengan pendekatan open-ended perlu dikembangkan sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran matematika.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Pendekatan Open-ended, Hasil Belajar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Users 1775 not found.
    Date Deposited: 04 Oct 2011 04:22
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:54

    Actions (login required)

    View Item