(ABSTRAK) PENGAJARAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MENGGUNAKAN BLOG

Nurul Hilal Ayyidar , 2102405597 (2009) (ABSTRAK) PENGAJARAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MENGGUNAKAN BLOG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGAJARAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MENGGUNAKAN BLOG) - Published Version
Download (118Kb)

    Abstract

    Rendahnya kemampuan menulis narasi disebabkan oleh faktor siswa dan guru. Permasalahan yang berasal dari siswa, berupa rendahnya minat siswa dalam menulis wacana narasi. Sedangkan permasalahan dari guru, salah satunya adalah minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Karena itu, perlu ditawarkan metode pembelajaran yang lebih menarik siswa dan efektif untuk mencapai prestasi belajar. Di antara berbagai kenyataan itu, dipilihlah media blog. Pemilihan metode dan penggunaan media blog ini didasarkan atas tuntutan KTSP dan manajemen sekolah sebagai rintisan sekolah kategori mandiri (RSKM), yang menuntut setiap guru untuk menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji empat masalah yaitu : (1) apakah pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media blog dibutuhkan di SMA Negeri 2 Kudus (2) bagaimanakah proses mengenalkan media blog kepada guru bahasa Jawa di SMA Negeri 2 Kudus (3) bagaimanakah model blog sebagai media pembelajaran (4) bagaimanakah pelaksanaan mengenalkan media blog kepada siswa bahasa Jawa di SMA Negeri 2 Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengenalan strategi pengajaran wacana narasi berbahasa Jawa dengan menggunakan blog di SMA Negeri 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 2 Kudus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Kudus. Penelitian pengembangan ini lebih menitikberatkan pada pendeskripsian berjalannya pengajaran menulis narasi berbahasa Jawa menggunakan media blog. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah mengenalkan strategi pengajaran menulis wacana narasi berbahasa Jawa kepada guru mata pelajaran bahasa Jawa di SMA Negeri 2 Kudus. Metode pengenalannya dengan pemberian tutorial pemanfaatan blog kepada guru bahasa Jawa. Tahap kedua, mengenalkan media blog kepada siswa kelas X-7 dengan pemberian visualisasi di dalam kelas untuk kemudian dilanjutkan praktik di laboratorium komputer. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 2 Kudus membutuhkan strategi pengajaran menulis wacana narasi berbahasa Jawa dengan menggunakan media Blog. Strategi tersebut juga untuk menunjang rintisan sekolah kategori mandiri dengan penerapan sistem moving class pada kelas X. Selain itu, guru mata pelajaran bahasa Jawa di SMA Negeri 2 Kudus mau menggunakan media blog dalam pembelajaran menulis wacana narasi berbahasa Jawa. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan pengenalan media blog kepada siswa kelas X-7, siswa lebih antusias, senang, dan tertarik mengikuti pembelajaran menulis wacana narasi berbahasa Jawa. Hambatan dan kelemahan dalam penelitian ini terletak pada terkendalanya penggunaan laboratorium yang masih meminjam laboratorium komputer untuk praktik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar strategi pengajaran menulis wacana narasi berbahasa Jawa dengan menggunakan media blog ini disebarluaskan dan dimanfaatkan di SMA Negeri 2 Kudus dan sekolah lain. Untuk menindaklanjuti penelitian ini, diperlukan pengembangan untuk menyempurnakan media blog bagi pembelajaran menulis wacana narasi berbahasa Jawa, khususnya pada tahap evaluasi, karena pada penelitian ini lebih menekankan pada proses pengenalan strategi pengajaran menulis wacana narasi berbahasa Jawa dengan menggunakan media blog. ----------------------------------------------------> Cendheke minat siswa anggone nulis wacana narasi disebabake saka faktor . Yen masalah kang metu saka guru yaiku guru arang migunakake media kang bisa narik minat siswa ing pasinaon. Mula saka iku, prelu dikenalake metode pasinaon kang luweh nyenengake siswa lan efektif kanggo pasinaon. Ing antarane kasunyatan iku, kapilih pasinaon nganggo media blog. Pamilihan metode lan media blog iki adhedhasar saka tuntutan kurikulum tingkat satuan pelajaran lan manajemen rintisan sekolah kategori mandiri, manajemen RSKM iki mbutuhake media pembelajaran kang ana hubungane karo teknologi informasi lan komunikasi. Panaliten iki dumadi saka patang masalah yaiku: (1) apa pasinaon nulis narasi nganggo media blog dibutuhke neng SMA Negeri 2 Kudus (2) kepriye proses ngenalke media blog marang guru basa Jawa neng SMA Negeri 2 Kudus (3) kepriye modele media blog kanggo pasinaon (4) kepriye proses kang kalakon wektu dikenalke marang guru basa Jawa ning SMA Negeri 2 Kudus. Tujuan panaliten iki yaiku supaya bisa mangerteni kepriye proses ngenalke pasinaon nulis wacana narasi basa jawa nganggo media blog neng SMA Negeri 2 Kudus. Panaliten iki migunakake panaliten Quasi Eksperimental Design. Populasi panaliten iki yaiku sakabehe siswa SMA Negeri 2 Kudus. Panaliten iki luweh ngabotake ing ngenalake strategi pasinaon nulis wacana narasi basa Jawa nganggo media blog. Panaliten dilakokake kanthi rong tahap. Tahap kang sepisan yaiku ngenalke strategi ngenalake nulis wacana narasi basa Jawa marang guru basa Jawa. Tahap kang kaping pindho yaiku ngenalake media blog marang siswa kelas X-7. Sawise iku dilakokake praktek ing laboratorium komputer. Asil saka panaliten iki nuduhake yen siswa SMA Negeri 2 Kudus mbutuhake media blog kanggo pasinaon nulis wacana narasi basa Jawa. Kabutuhan iki kanggo nunjang manajemen sekolah kategori mandiri lan diterapake sistem moving class. Sakliyane iku, guru basa Jawa neng SMA Negeri 2 Kudus uga gelem migunakake media blog iki. Dene kanggo siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Kudus, siswa luweh seneng lan luweh antusias anggone sinau nulis wacana narasi. Panaliten iki nduweni kelemahan ing laboratorium Komputer, guru basa Jawa kudu nyileh laboratorium lan kudu kerja sama marang guru TIK kanggo nyileh laboratorium. Adhedhasar asil panaliten iki, pangripta nyaranake bilih pasinaon nulis wacana narasi basa Jawa nganggio blog supaya disebarake lan dimanfaatake neng SMA Negeri 2 Kudus lan sekolah liyane. Amarga panaliten iki ijeh akeh kekurangane, dening para panaliti supaya ngembangake media blog iki nganti tahap evaluasi, amarga panaliten iki luweh khusus ing ngenalke media blog.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pengajaran, menulis, narasi berbahasa Jawa, media blog.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 29 Sep 2011 00:03
    Last Modified: 29 Sep 2011 00:03

    Actions (login required)

    View Item