(ABSTRAK) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PURWOREJO KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Retna Esti Widayanti, 3201405035 (2009) (ABSTRAK) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PURWOREJO KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PURWOREJO KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (74Kb)

    Abstract

    Metode Ceramah Geografi merupakan mata pelajaran yang dianggap membosankan bagi sebagian besar siswa apalagi jika guru dalam penyampaiannya secara monoton. Oleh karena itu diperlukan suatu metode pembelajaran alternatif agar pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih mudah memahaminya. Pembelajaran alternatif tersebut adalah pembelajaran dengan metode CIRC dimana metode tersebut dibedakan dengan metode ceramah. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membedakan pembelajaran dengan menggunakan metode CIRC dan ceramah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar geografi pada kompetensi dasar pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode CIRC dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Seberapa besar perbedaan hasil belajar geografi pada kompetensi dasar pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode CIRC dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi pada kompetensi dasar pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode CIRC dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah, dan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar geografi pada kompetensi dasar pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode CIRC dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semester 2 SMA Negeri 1 Purworejo Klampok Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 3 kelas. Tahap awal didakan uji homogenitas populasi dengan menggunakan data ujian semester ganjil pada mata pelajaran geografi. Diketahui populasi mempunyai kondisi awal yang sama, kemudian dilakukan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling yaitu penarikan sampel dari populasi berdasarkan kelompok. Kelompokkelompok tersebut dapat dipandang sebagai kelas-kelas di sekolah. Satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel ini dilakukan setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Hasil belajar yang diperoleh siswa yaitu nilai rata-rata kelompok kontrol dengan menggunakan metode ceramah sebesar 81,84 sedangkan kelompok eksperimen sebesar 76,84 dengan menggunakan metode CIRC. Hasil uji t memperoleh nilai t hitung 3,456 dan t tabel 1,99 karena t hitung sehingga t berada pada daerah penerimaan Ha, dan Ho ditolak. Artinya perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode ceramah lebih tinggi dibandingkan dengan metode CIRC. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode ceramah lebih baik dibandingkan dengan metode CIRC pada materi dengan kompetensi dasar pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan pada siswa kelas XI IPS semester II SMA Negeri 1 Purworejo Klampok Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2008/2009. Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan hasil penelitian diatas yaitu : (1). pelaksanaan pembelajaran metode CIRC diperlukan perhatian khusus dalam merencanakan waktu dan memilih materi yang akan diajarkan. (2). Guru diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas dalam pembuatan soal diskusi yang harus mengaitkan kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran. Metode ceramah lebih bersifat monoton dan membosankan dalam proses belajar mengajar danhasil belajar rendah. CIRC sebagai salah satu metode alternative dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik ( karena siswa lebih aktif ). Kenyataan dalam penelitian ini hasil belajar yang menggunakan metode ceramah ternyata lebih baik daripada CIRC. Hal ini disebabkan kemampuan guru kurang pandai mengontrol kelas sehingga keadaan kelas ramai. Guru kurang menguasai metode ini, dan hanya siswa yang melaksanakan presentasi yang aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa yang lain bersifat pasif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 27 Sep 2011 23:05
    Last Modified: 27 Sep 2011 23:05

    Actions (login required)

    View Item