Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta Studi Di SDN Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes

Rahayu, 3201406005 (2011) Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta Studi Di SDN Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta Studi Di SDN Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes) - Submitted Version
Download (805Kb)

    Abstract

    Membaca peta merupakan salah satu materi yang terdapat pada silabus IPS SD yang diberikan guru di dalam kelas. Namun banyak siswa kurang memahami dan mengerti tentang peta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: sejauh mana kemampuan siswa sekolah dasar dalam membaca peta?. Tujuan penelitian: (1) mengetahui kemampuan dasar peta siswa, (2) mengetahui kemampuan siswa dalam menghitung jarak dengan skala, (3) mengetahui kemampuan siswa dalam memperbesar dan memperkecil skala peta, (4) mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan peta, (5) mengetahui kemampuan siswa dalam membuat peta sederhana. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik stratiefield random sampling, sampel berstrata diambil berdasarkan akreditasi sekolah, kemudian dirandom atau acak dengan cara diundi setiap sekolah berdasarkan akreditasi sekolah untuk dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan metode tes, dokumentasi dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif presentase, besarnya nilai yang diperoleh merupakan skor ideal kemudian hasil tersebut dianalisis dengan mendiskripsikanya. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) kemampuan dasar peta siswa, (2) kemampuan siswa dalam menghitung jarak dengan skala peta, (3) kemampuan siswa dalam memperbesar dan memperkecil skala peta, (4) kemampuan siswa dalam menggunakan peta, (5) kemampuan siswa dalam membuat peta sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa SD dalam membaca peta antara lain: (1) kemampuan peta dasar siswa dengan skor rata-rata 81,2% kategori baik, (2) kemampuan siswa dalam menghitung jarak dengan skor rata-rata 40,3% kategori kurang, (3) kemampuan siswa dalam memperbesar dan memperkecil skala dengan skor rata-rata 41,9% kategori kurang, (4) kemampuan siswa dalam menggunakan peta dengan skor rata-rata 78,3% kategori baik, (5) kemampuan siswa dalam membuat peta dengan skor rata-rata 55,9% kategori sedang atau mampu. Skor yang diperoleh siswa dalam kategori kurang adalah menghitung jarak dengan skala dan memperbesar dan memperkecil skala peta, sedangkan dalam kategori baik adalah pengetahuan dasar peta, menggunakan peta dan membuat peta sederhana. Saran yang dapat diberikan penulis adalah (1) guru dapat menujukan sumber bacaan yang baik bagi siswa, (2) mengubah cara pembelajaran IPS yang terkesan hanya materi hafalan yang membosankan, (3) acuan guru yang berkaitan dengan peningkatan pembalajaran IPS pada siswa SD.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kemampuan siswa SD, membaca peta, Geografi
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 28 Mar 2011 23:27
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:02

    Actions (login required)

    View Item