(ABSTRAK) GUIDED TEACHING DALAM MENGORGANISASIKAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN 1 SEMARANG

Didi Nur Jamaludin , 4401406591 (2011) (ABSTRAK) GUIDED TEACHING DALAM MENGORGANISASIKAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) GUIDED TEACHING DALAM MENGORGANISASIKAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN 1 SEMARANG) - Published Version
Download (57Kb)

    Abstract

    Pembelajaran Biologi membutuhkan pemahaman konsep yang baik. Hasil obeservasi di MAN 1 Semarang, menunjukan ketuntasan belajar siswa klasikal pada materi sistem peredaran darah 67,5%. Pemanfaatan media pembelajaran terus diupayakan, namun hasilnya belum memuaskan, sehingga diperlukan penelitian untuk mengetahui efektifitas metode Guided Teaching dalam mengorganisasikan konsep pada pembelajaran sistem peredaran darah di MAN 1 Semarang. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Semarang semester gasal Tahun Pelajaran 2010/ 2011 dengan pre eksperimental design tipe one shot case study. Data penelitian ini meliputi aktifitas belajar siswa, hasil belajar, tanggapan siswa dan tanggapan guru terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian diketahui bahwa rerata aktifitas belajar siswa kelas eksperimen 90,81% dan tingkat persentase ketuntasan kelas eksperimen mencapai 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Guided Teaching dalam mengorganisasikan konsep efektif dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar pada materi sistem peredaran darah di MAN 1 Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Guided Teaching, organisasi konsep, sistem peredaran darah
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 27 Sep 2011 03:46
    Last Modified: 27 Sep 2011 03:46

    Actions (login required)

    View Item