Pengaruh pembagian kerja terhadap efektivitas kerja karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan.

Tri Silawati Dewi, 3364970433 (2005) Pengaruh pembagian kerja terhadap efektivitas kerja karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh pembagian kerja terhadap efektivitas kerja karyawan bagian produksi PT.DUPANTEX Kabupaten Pekalongan.) - Published Version
Download (397Kb)

    Abstract

    Efektivitas Kerja merupakan salah satu faktor untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Efektivitas Kerja Karyawan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah Pembagian Kerja yang memberikan kejelasan untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan beban kerja dan tanggung jawabnya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembagian kerja terhadap Efektivitas kerja karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan. Sedangkan tujuan baru penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pembagian kerja terhadap Efektivitas Kerja karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan dan (2) untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh Pembagian kerja terhadap Efektivitas Kerja Karyawan bagian Produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan. Populasi Penelitian meliputi seluruh karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan yaitu 1014 orang, Sampel 10% dari populasi. Variabel Penelitian ada 2 yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Sebagai variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembagian Kerja (X) yang terdiri dari Penempatan Kerja, Beban Kerja dan Spesialisasi Pekerjaan. Sedangkan variabel terikatnya adalah Efektivitas Kerja (Y). Data Pembagian Kerja diambil dengan menggunakan metode angket, sedangkan Efektivitas Kerja diambil dengan menggunakan dokumentasi data perusahaan dan untuk kelengkapan data-data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil Penelitian dari analisis regrisi linier sederhana di peroleh persamaan regresi Y = 26,446 + 0,242 X. Hasil analisis varians untuk regresi diperoleh Fhitung = 6,795 > Ftabel = 3,94. Dengan demikian menunjukan bahwa Pembagian Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja karyawan maka hipoteis peneliti diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka diajukan beberapa saran yaitu: (1) dalam meningkatkan Pembagian Kerja karyawan harus memperhatikan pembagian tugas yang sesuai dengan tanggung jawab dan tingkat pendidikan atau ketrampilan karyawan agar karyawan dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sesuai dengan standar perusahaan. (2) Pimpinan perusahaan seyogyanya lebih sering memberi dorongan, pujian dan Penghargaan sehingga karyawan merasa diperhatikan. (3) Untuk meningkatan Efektivitas Kerja yang lebih tinggi maka perlu memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi Efektivitas Kerja karyawan misalnya disiplin, kesatuan perintah, Wewenang dan tanggung jawab, gaji dan lain-lain disamping faktor Pembagian kerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembagian Kerja, Efektivitas Kerja.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Mar 2011 22:00
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:02

    Actions (login required)

    View Item