PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IS MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA DENGAN KREATIFITAS BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Prima Desiana Ferry Andriyanto, 7101406627 (2009) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IS MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA DENGAN KREATIFITAS BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IS MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA DENGAN KREATIFITAS BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING) - Published Version
Download (633Kb)

    Abstract

    Hasil belajar dipengaruhi oleh internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah model pembelajaran CTL (Countekstual Teaching and Leraning)dan kreatifitas belajar siswa. Kreatifitas belajar merupakan faktor internal yang mendasari siswa untuk belajar, tanpa kreatifitas belajar siswa hasil belajar tidak tercapai secara maksimal. model pembelajaran CTL (Countekstual Teaching and Leraning) yang dilakukan guru dirasa penting, guna untuk menghindari rasa bosan dan jenuh pada siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh secara langsung model pembelajaran CTL (Countekstual Teaching and Leraning) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA SMA Negeri 1 Pecangaan? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran CTL (Countekstual Teaching and Leraning) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas model pembelajaran CTL (Countekstual Teaching and Leraning) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan. Dengan kreatifitas belajar sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan sebanyak 121 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Penelitian ini adalah penelitian populasi sehingga tidak ada sampel. Terdapat tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: efektifitas model pembelajaran CTL (Countekstual Teaching and Learning) (X1), kreatifitas belajar (X2) dan hasil belajar (Y). Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Uji Instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas . Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh model regresi yang pertama Y=22.575+0,409X1+e dan yang kedua Y= 17,791+0,274X1+0,353X2+0,005[X1- X2]+e uji parsial signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh model pembelajaran CTL dan kreatifitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan adalah sebesar 70,8% dan 29,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji. Hal ini dimoderating oleh variabel kreatiiftas belajar yang ditunjukkan dengan koefisien Absx1_x2 ternyata signifikan yaitu dengan probabilitas signifikansi 0,023 dan jauh dibaawah 0,05 Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan dengan kreatifitas belajar sebagai variabel moderating. Hasil penelitian tersebut menyarankan kepada siswa agar mempertahankan dan mengembangkan kreatiiftas belajar dengan mencoba hal yang baru dan melaksanaka variasi pembelajaran agar hasil belajar dapat tercapai dengan optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL (Countekstual Teaching and Learning), Kreatifitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 22 Sep 2011 22:54
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:35

    Actions (login required)

    View Item