(ABSTRAK) PERBANDINGAN METODE BELAJAR RENANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PELAMPUNG DAN BERTEMAN TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS JARAK 25 METER PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER RENANG SMA NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Reddy Pramandhika, 6101405618 (2009) (ABSTRAK) PERBANDINGAN METODE BELAJAR RENANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PELAMPUNG DAN BERTEMAN TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS JARAK 25 METER PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER RENANG SMA NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PERBANDINGAN METODE BELAJAR RENANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PELAMPUNG DAN BERTEMAN TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS JARAK 25 METER PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER RENANG SMA NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (246Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan metode belajar renang dengan menggunakan alat bantu pelampung dan berteman terhadap teknik renang gaya bebas jarak 25 meter pada siswa putra ekstrakurikuler renang SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode belajar renang dengan menggunakan alat bantu pelampung dan berteman terhadap teknik renang gaya bebas jarak 25 meter pada siswa putra ekstrakurikuler renang SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler renang SMA Negeri 2 Mranggen yang berjumlah 84 siswa dan sampel berjumlah 40 siswa. Teknik sampelnya menggunakan random sampling dengan cara undian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode belajar renang dengan alat bantu pelampung dan metode belajar renang dengan bantuan teman. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar renang gaya bebas dengan menempuh jarak 25 meter. Analisa data statistik dengan rumus t-test cara pendek. Dari hasil analisa data diperoleh nilai t-hitung 2,099 sedangkan nilai ttabel dengan derajat kebebasan (db) 19 dan taraf signifikansi 5% adalah 2,093. Nilai t-hitung lebih besar daripada nilai t-tabel, dengan demikian ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar renang gaya bebas jarak 25 meter. Sedangkan mean dari kelompok Eksperimen 1 (menggunakan alat pelampung) adalah 65, 55 dan mean dari kelompok eksperimen 2 (menggunakan bantuan teman) adalah 73, 4. Berarti belajar renang dengan bantuan teman dapat memberikan kontribusi lebih besar. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar antara menggunakan alat bantu pelampung dan berteman. Metode yang lebih baik adalah menggunakan bantuan teman. Dengan demikian disarankan kepada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA Negeri 2 Mranggen agar dalam meningkatkan kemampuan renang gaya bebas dapat memakai bantuan teman agar lebih efektif dan efesien.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Renang, alat bantu pelampung, bantuan teman, renang gaya bebas
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 22 Sep 2011 00:21
    Last Modified: 22 Sep 2011 00:21

    Actions (login required)

    View Item