SURVEI SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN PENJAS SD SE-KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG

Mudjihardjo Suwito , 6101908035 (2010) SURVEI SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN PENJAS SD SE-KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (SURVEI SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN PENJAS SD SE-KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (522Kb)

    Abstract

    Latar belakang permasalahan adalah sekolah seyogyanya menyediakan sarana dan prasarana olahraga seluas-luasnya serta selengkap mungkin. Idealnya apabila setiap sekolah dilengkapi dengan prasarana olahraga. Namun dari pengamatan di lapangan kenyataan sekarang di sekolah kurang dilengkapi dengan sarana prasarana olahraganya atau barangkali sudah mempunyai prasarana seperti lapangan olahraga yang sudah efektif digunakan untuk aktivitas-aktivitas pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah, namun kemudian diubah menjadi tempat untuk membangun gedung atau bangunan yang lain. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam pelaksanaan mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SD se-Kecamatan Mijen Kota Semarang tahun pelajaran 2009 / 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei, interview, observasi, dam dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SD se-Kecamatan Mijen Kota Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 24 SD. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah total sampling sehingga semua SD se-Kecamatan Mijen Kota Semarang menjadi sampel penelitian. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara statistik deskriptif prosentase. Hasil penelitian dan pembahasan secara umum menunjukkan tingkat ketersediaan sarana prasarana olahraga pada mata pelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga SD se-Kecamatan Mijen Kota Semarang tahun pelajaran 2009/2010 dalam kategori kurang dengan rincian ada 19 SD (79%), yang termasuk dalam kategori kurang, 4 SD (17%) dalam kategori cukup, dan hanya 1 SD (4%) yang termasuk dalam kategori baik. Saran yang diberikan adalah (1) untuk guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebaiknya mencari solusi kreatif untuk mengatasi terbatasnya sarana prasarana olahraga yang ada di sekolah dasar negeri, dan tidak menggantungkan kepada sekolah atau pemerintah. (2) Pemerintah sebaiknya lebih memperhatikan keadaan sarana dan prasarana olahraga yang ada di Sekolah Dasar terutama untuk cabang olahraga permainan, olahraga senam, dan cabang olahraga atletik sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no.24 Tahun 2007.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: sarana, prasarana, penjas
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 19 Sep 2011 00:14
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:28

    Actions (login required)

    View Item