Pengaruh Brand Community Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Yamaha, Studi Kasus Pada Komunitas Motor Yamaha Vixion Club Chapter Ungaran

Cholilullah Yusuf , 7350406552 (2011) Pengaruh Brand Community Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Yamaha, Studi Kasus Pada Komunitas Motor Yamaha Vixion Club Chapter Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Brand Community Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Yamaha, Studi Kasus Pada Komunitas Motor Yamaha Vixion Club Chapter Ungaran) - Submitted Version
Download (1676Kb)

    Abstract

    Merek mempunyai peranan penting dan merupakan aset terbesar bagi perusahaan,agar mrek produk dapat bertahan lama dalam kondisi pasar yang semakin kompetitif dan keluar sebagai pemenang dibutuhkan konsumen yang memiliki loyalitas merek yang tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh faktor-faktor brand community yang terdiri dari legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota dan membantu dalam penggunaan merek terhadap loyalitas merek pada komunitas motor Yamaha Vixion Club Ungaran secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota dan membantu dalam penggunaan merek terhadap loyalitas merek pada komunitas motor Yamaha Vixion Club Ungaran secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas Yamaha vixion club Ungaran. Sampel ditentukan dengan teknik sensus,yaitu semua angota populasi dijadikan sampel yaitu 72 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi liner berganda Y= 7,165 + 0,082X1 + 0,083X2 + 0,403X3 + 0,285X4 + 0,116X5 + 0,419X6. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,171 artinya variabel legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota dan membantu dalam penggunaan merek berpengaruh terhadap loyalitas merek dengan kontribusi 17,1%, serta sisanya 82,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota dan membantu dalam penggunaan merek terhadap loyalitas merek pada komunitas motor Yamaha Vixion Club Ungaran baik secara parsial maupun secara simultan. Saran kepada pihak perusahaan harus lebih optimal dalam menggarap target marketnya, seperti banyak mengadakan eventevent olahraga, musik atau pendidikan secara berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen, serta lebih peduli dan memperhatikan sektor komunitas motor Yamaha yang selama ini masih didirikan oleh konsumen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Brand community, Loyalitas Merek, Manajemen
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 14 Sep 2011 04:46
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:25

    Actions (login required)

    View Item