PERAN KOMITE AUDIT DALAM MEMODERASI PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI


Rizka Amalia Solecha, 7211416069 (2020) PERAN KOMITE AUDIT DALAM MEMODERASI PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416069.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Konservatisme akuntansi didefinisikan sebagai tindakan kehati-hatian dengan cara mengakui beban atau kerugian yang memungkinkan akan terjadi di masa depan, tetapi tidak segera mengakui pendapatan atau laba yang akan datang walaupun peluang keterjadiannya tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan konsentrasi kepemilikan terhadap konservatisme akuntansi. Selain itu, untuk mengetahui peran komite audit dalam memperkuat pengaruh kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan konsentrasi kepemilikan terhadap konservatisme akuntansi. Pemilihan komite audit sebagai variabel pemoderasi karena teori agensi menjelaskan bahwa komite audit memiliki tugas mengawasi manajemen sehingga dapat meningkatkan penerapan prinsip konservatisme akuntansi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terindeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang masuk kriteria sebanyak 46 perusahaan. Unit analisis sebanyak 105 unit analisis. Alat analisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji selisih mutlak dengan software IBM SPSS 25. Menurut uji multikolinieritas ternyata terdapat gejala multikolinieritas sehingga variabel yang memiliki nilai tolerance terendah dan nilai VIF tertinggi akan dihapus. Variabel yang memiliki nilai tolerance terendah dan nilai VIF tertinggi yaitu kepemilikan pemerintah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan asing, kepemilikan institusi, dan konsentrasi kepemilikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Komite audit memoderasi secara signifikan pengaruh kepemilikan manajerial terhadap konservatisme akuntansi. Saran bagi perusahaan sebaiknya menerapkan prinsip konservatisme akuntansi, memperhatikan struktur kepemilikan, dan audit yang berlatar belakang akuntansi atau ekonomi serta meningkatkan pengawasan dan kompetensi komite audit. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel moderating lain yang dapat memoderasi kepemilikan saham oleh pihak asing, institusi, maupun investor pengendali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Asing, Kepemilikan Pemerintah, Kepemilikan Institusional, Kepemilkan Manajerial, Konsentrasi Kepemilikan, Konservatisme Akuntansi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:11
Last Modified: 05 Sep 2020 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39073

Actions (login required)

View Item View Item