HUBUNGAN VARIASI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS KENANGA KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN


Suhelin Setiyaningsih , 1401416212 (2020) HUBUNGAN VARIASI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS KENANGA KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416212.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Variasi mengajar dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara, guru belum sepenuhnya menerapkan variasi mengajar dalam proses pembelajaran, akibatnya siswa mengalami kejenuhan dalam belajar. Guru perlu memiliki variasi mengajar supaya pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan, sehingga hasil belajar siswa optimal. Hasil belajar siswa juga dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan variasi mengajar guru dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus Kenanga Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen; (2) menguji hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus Kenanga Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen; (3)menguji hubungan variasi mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus Kenanga Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu 112 siswa kelas IV SD Gugus Kenanga Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Pengambilan sampel menggunakan metode Nonpropability Sampling, sedangkan cara pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh sejumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi,observasi, dan wawancara. Uji instrumen melalui uji validitasdan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif,uji normalitas,uji linieritas,uji multikolinieritas,analisis korelasi Product Moment, analisis korelasi ganda diikuti uji t, uji signifikansi dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan positif antara variasi mengajar guru dengan hasil belajar matematika dengan rhitung= 0,617 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 38,1%; (2) ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika dengan rhitung= 0,627 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 39,3%; (3) ada hubungan positif antara variasi mengajar guru dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar matematika dengan rhitung= 0,8023 (kategori sangat kuat) dan Fhitung = 98,5023 serta berkontribusi sebesar 64,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan anatara variasi mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus Kenanga Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Saran bagi guru, hubungan variasi mengajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika dapat menjadi pertimbangan guru untuk mengadakan variasi dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika; motivasi belajar; variasi mengajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 09:31
Last Modified: 01 Sep 2020 09:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38595

Actions (login required)

View Item View Item