Identifikasi Masalah Profesionalisme Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Angkatan Tahun 2000 Universitas Negeri Semarang.

Wahyu Ampryani, 3201401021 (2005) Identifikasi Masalah Profesionalisme Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Angkatan Tahun 2000 Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Identifikasi Masalah Profesionalisme Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Angkatan Tahun 2000 Universitas Negeri Semarang.) - Published Version
Download (194Kb)

    Abstract

    Untuk menjadi tenaga profesional guru harus meningkatkan kemampuannya yaitu dapat mengantisipasi berbagai perubahan dan perkembangan, merancang dan melaksanakan KBM yang mengacu pada proses belajar mengajar yang lebih baik. Guru yang profesional harus menguasai kompetensi dasar guru dan mampu menguasai kurikulum yang berlaku. Profesionalisme guru tersebut perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahannya adalah: (1) Apakah mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2000 yang sudah melaksanakan PPL menghadapi masalah mengenai profesionalisme guru? (2) Apa masalah dominan tentang profesionalisme guru yang dihadapi oleh mahasiswa yang sudah melaksanakan PPL pada mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2000 Universitas Negeri Semarang? Tujuan: (1) Untuk mengetahui masalah mengenai profesionalisme guru yang dihadapi oleh mahasiswa yang sudah melaksanakan PPL pada mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2000 Universitas Negeri Semarang. (2) Untuk mengetahui masalah yang dominan mengenai profesionalisme guru. Populasi semua mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2000 yang sudah melaksanakan PPL sebanyak 40 mahasiswa. Sampel seluruh populasi yaitu 40 mahasiswa. Ada 2 variabel, yaitu: kompetensi dasar guru dan kurikulum berbasis kompetensi. Alat pengumpul datanya adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa masalah profesionalisme guru yang dihadapi oleh mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2000 meliputi kimpetensi dasar guru yakni penguasaan materi, mengelola PBM, mengelola kelas, penggunaan media, menilai prestasidan yang berkaitan dengan pelaksanaan KBK yakni hal yang baru dan sama dalam KBK dan kurikulum sebelumnya, perbedaan kurikulum, komponen KBK, penerapan pendekatan CTL, dan penerapan di sekolah. Masalah yang dominan dalam 2 variabel yaitu penguasaan materi (64,06%) dan penerapan KBK di sekolah (65,31%). Kesimpulan bahwa mahasiswa angkatan tahun 2000 Pendidikan Geografi mengalami masalah mengenai profesionalisme guru yang terkait dengan kompetensi dasar guru dan pelaksanaan kurikulum baru yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi. Sarannya yaitu mahasiswa calon guru diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dalam bidang studi yang mereka tekuni, serta pihak LPTK harus menyiapkan para calon guru secara optimal dengan cara meningkatkan kualitas pengajaran yang baik yang berhubungan dengan materi kependidikan maupun materi yang menunjang bidang studi tersebut. Perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai kompetensi dasar yang lain dan diperlukan sumber yang lain yaitu guru pamong dan dosen pembimbing PPL yang belum dijadikan subyek penelitian.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, Kompetensi Guru
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 27 Mar 2011 22:38
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:59

    Actions (login required)

    View Item