PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PROTISTA KELAS X DI SMA 12 SEMARANG


Olga Neviani , 1102414010 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PROTISTA KELAS X DI SMA 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PROTISTA KELAS X DI SMA 12 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PROTISTA KELAS X DI SMA 12 SEMARANG) - Published Version
Download (911kB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan hasil belajar peserta didik belum maksimal, salah satunya adalah media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar pelajaran biologi pada materi protista kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas yang terbagi atas kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana kelas eksperimen dengan menerapkan model flipped classroom dan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Data dikumpulkan dengan teknik tes hasil belajar yang didapatkan dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang diajarkan dengan model flipped classroom menunjukkah hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari nilai rata-rata kedua kelas dimana pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 79,14, sedangkan pada kelas kontrol 74,14. Hal ini menunjukkan adanya adanya perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dimana ada peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom dapat pengaruh positif terhadap hasil belajar biologi kelas X pada materi protista di SMA Negeri 12 Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model flipped classroom, Protista, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2020 13:50
Last Modified: 21 Apr 2020 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35866

Actions (login required)

View Item View Item