Keterampilan Dasar Bermain Bola Basket Siswa Peserta Ekstrakurikuler SMA Negeri Se- Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010 / 2011”.

Dharwis Bagus Pamungkas, 6101406562 (2011) Keterampilan Dasar Bermain Bola Basket Siswa Peserta Ekstrakurikuler SMA Negeri Se- Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010 / 2011”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Keterampilan Dasar Bermain Bola Basket Siswa Peserta Ekstrakurikuler SMA Negeri Se- Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010 / 2011) - Submitted Version
Download (1539Kb)

    Abstract

    Prestasi bola basket di Kabupaten Grobogan bisa dikatakan kurang baik, Hal ini bisa dilihat dari prestasi tim POPDA bola basket Kabupaten Grobogan yang sering mewakili pertandingan dalam turnamen antar daerah. Akan tetapi, tim POPDA bola basket Kabupaten Grobogan belum pernah mendapatkan gelar juara dalam setiap turnamen yang diikutinya. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterampilan dasar bermain bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2010/2011 ?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri se- Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri se- Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2010/2011, berjumlah 113 orang. Dalam penelitian ini pengambilan sample menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 113 orang. Variable dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan dasar bermain bola basket peserta ekstrakurikuler SMA Negeri se- Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian ini menggunakan survey tes teknik penguasaan keterampilan dasar bermain bola basket. Instrumen tes penelitian ini yaitu: 1) Tes menembak Underbasket per 1 menit, 2) Tes memantulkan bola ke diding tembok, 3) Tes menggiring bola ( Dribble test ). Analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan norma skala penilaian keterampilan dasar bola basket dari Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1977. Setelah dilakukan analisis data mengenai keterampilan dasar bermain bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri se- Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2010/2011. Keterampilan dasar bermain bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri se- Kabupaten Grobogan: menembak underbasket adalah 52,2 % masuk kategori cukup, memantulkan bola kedinding tembok adalah 47,7 % masuk kategori sedang, menggiring bola adalah 55,7 % masuk kategori cukup, sehingga jika di jumlah rata-rata keterampilan dasar bermain bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri se- Kabupaten Grobogan adalah 52 % masuk dalam kategori cukup. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan siswa peserta ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri se- Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2010/2011 memiliki tingkat keterampilan dasar bermain bola basket yang masuk dalam kategori cukup. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa peserta ekstrakurikuler bola basket harus lebih meningkatkan latihan dalam bermain bola basket, menambah frekuensi latihan, dan pelatih juga harus lebih bisa memberikan latihan tentang modifikasi bermain bola basket.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Bermain Bola Basket, Siswa SMA, Keterampilan Dasar,Kabupaten Grobogan
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 27 Mar 2011 22:07
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:59

    Actions (login required)

    View Item