NILAI MORAL CERITA RAKYAT JATI KUSUMA JATI SWARA DI KABUPATEN BLORA


Yuniar Triyanti , 2601413065 (2019) NILAI MORAL CERITA RAKYAT JATI KUSUMA JATI SWARA DI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of NILAI MORAL CERITA RAKYAT JATI KUSUMA JATI SWARA DI KABUPATEN BLORA ]
Preview
PDF (NILAI MORAL CERITA RAKYAT JATI KUSUMA JATI SWARA DI KABUPATEN BLORA ) - Published Version
Download (886kB) | Preview

Abstract

Cerita Rakyat Jati Kusuma Jati Swara merupakan cerita rakyat yang berkembang di Kabupaten Blora dan merupakan bentuk sastra lisan yang penyebarannya dilakukan dari lisan ke lisan. Cerita Rakyat Jati Kusuma Jati Swara yang merupakan wujud kearifan lokal, diyakini mengandung tatanan nilai kehidupan masyarakat Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) struktur cerita cerita rakyat Jati Kusuma Jati Swara di Kabupaten Blora, (2) nilainilai moral dalam cerita rakyat Jati Kusuma Jati Swara di Kabupaten Blora. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. Adapun metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa data lisan dan data tertulis. Data lisan didapatkan dari wawancara langsung informan yang terpilih. Data tertulis berasal dari buku-buku referensi dan arsip. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori struktur naratif Maranda dan teori moral Franz Magnis- Suseno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dalam cerita rakyat Jati Kusuma Jati Swara yang dianalisis berdasarkan struktur naratif Maranda ditemukan term sebanyak 10 dan fungsi yang terbagi menjadi 3 bagian, yakni 7 fungsi kebaikan, 4 fungsi keburukan, 1 fungsi keadilan yang menyertai term; (2) terdapat beberapa nilai moral dalam cerita rakyat Jati Kusuma Jati Swara dengan analisis teori moral Magnis-Suseno, yaitu: patuh, hormat, menghargai (tepa salira), jujur (temen), rendah hati (andhap asor), sabar, saling menolong (tetulung), suka memberi nasehat, tidak melupakan atau selalu ingat (eling), mempercayakan bimbingan kepada yang Ilahi (pracaya) berserah diri kepada Sang Pencipta dengan bermunajat (semedi) dan mituhu. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar: Nilai-nilai moral yang terkandung di dalam cerita rakyat Jati Kusuma Jati Swara bisa lebih diterapkan dan dikembangkan lagi ke dalam media pembelajaran di sekolah maupun dalam masyarakat di kehidupan sehari-hari, cerita rakyat Jati Kusuma Jati Swara harus tetap dilestarikan sebagai wujud kearifan lokal khususnya masyarakat Blora, kajian ini diharapkan bermanfaat sebagai acuan penelitian berikutnya dalam hal pengembangan penelitian folklor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: struktur cerita, nilai moral cerita rakyat Jati Kusuma Jati Swara
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 13:40
Last Modified: 26 Mar 2020 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35329

Actions (login required)

View Item View Item