Peran Guru Geografi Dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa SMP Se-Kecamatan Margasari Kabupaten Margasari.

Riani Rohmawati, 3201406023 (2010) Peran Guru Geografi Dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa SMP Se-Kecamatan Margasari Kabupaten Margasari. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peran Guru Geografi Dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa SMP Se-Kecamatan Margasari Kabupaten Margasari.) - Published Version
Download (1762Kb)

    Abstract

    Kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia didominasi dengan banjir. Banjir melanda Kecamatan Margasari. Banjir tersebut juga merendam bangunanbangunan sekolah, sehingga siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran. Untuk itu diharapkan peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa SMP se- Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Populasi penelitian ini adalah guru Geografi SMP se-kecamatan Margasari. Populasi guru Geografi berjumlah 10 guru Geografi. Dengan menggunakan teknik total sampling, sampel guru Geografi berjumlah 10 guru. Populasi siswa berjumlah 1463 siswa. Dengan menggunakan teknik stratified random sampling, sampel siswa berjumlah 152 siswa. Variabel penelitian adalah peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan. Intrument pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan, dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan siswa dalam kategori baik dengan persentase 65,34%. Sub variabel peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan melalui pengetahuan dalam kategori baik dengan persentase 67,17%; peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan melalui sikap dalam kategori cukup dengan persentase 59,97%; dan peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan melalui tindakan dalam kategori baik dengan persentase 68,89%. Simpulan dalam penelitian, peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa SMP dalam kategori baik. Pada sub variabel peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa melalui pengetahuan dalam kategori baik, peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa melalui sikap dalam kategori cukup, dan peran guru Geografi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa melalui tindakan melalui tindakan dalam kategori baik. Saran yang diberikan peneliti adalah 1) Bagi Sekolah; Sekolah sebaiknya memiliki program kegiatan peduli lingkungan seperti kerja bakti, penanaman pohon, lomba kebersihan dan kegiatan lainnya. 2) Bagi Guru; Meningkatkan peran dalam menanamkan pengetahuan lingkungan dengan meningkatkan fasilitas, mengelola kelas, bahan pembelajaran, kualitas penilaian, dan aktif dalam kegiatan peduli lingkungan baik yang diselenggarakan di sekolah maupun di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. 3) Bagi Siswa; Siswa diharapkan mengikuti kegiatan-kegiatan peduli lingkungan baik yang diselenggarakan pihak sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan menerapkan pengetahuan lingkungan hidup yanga didapatkan dari sekolah maupun membaca buku atau internet dalam kehidupan sehari-hari.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: peran guru Geografi, kesadaran lingkungan
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 27 Mar 2011 21:59
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:59

    Actions (login required)

    View Item