KEEFEKTIFAN METODE BLENDED LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON


NURUL INAYAH, 0404517008 (2020) KEEFEKTIFAN METODE BLENDED LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_NURUL.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (810kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Inayah, Nurul, 2019. Keefektifan Metode Blended Learning Berbasis Multimedia Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Pengembangan Karakter Peserta Didik Pada Materi Senyawa Hidrokarbon. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kasmadi Imam Supardi, M.S, Pembimbing II Dr. Sri Mursiti, M.Si. Kata Kunci: Blended Learning, Pemahaman Konsep, Karakter, Senyawa Hidrokarbon. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menjadi peluang tersendiri dalam pengembangan pembelajaran. Pola pembelajaran konvensional tidak efektif lagi dalam peningkatan hasil belajar peserta didik. Maka penting untuk diterapkan integrasi teknologi dalam pembelajaran, baik sebagai media pembelajaran maupun sumber belajar, dalam sistem pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan mengukur seberapa besar keefektifan penerapan blended learning dalam peningkatan hasil belajar peserta didik materi senyawa hidrokarbon. Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Obyek penelitian dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen, penggalian data dilakukan dengan soal evaluasi dan angket. Teknik analisis menggunakan N-Gain Score dan One Sampel t-test dengan teknik penghitungan dibantu alat IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan blended learning untuk peningkatan pemahaman konsep peserta didik berkategori “cukup efektif” dengan peningkatan persentase skor pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 57,80% jauh lebih tinggi dibandingkan peningkatan pada kelas kontrol sebesar 15,51%. Peningkatan pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran blended learning cukup tinggi. Nilai terendah (lower) sebesar 3,61 sedangkan nilai tertinggi (upper) sebesar 3,69 dengan nilai rata-rata 3,64 dapat dikatakan berkategori tinggi. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian di atas, peneliti memberikan saran agar pembelajaran blended learning dapat dipilih sebagai solusi peningkatan pemahaman konsep dan karakter peserta didik pada materi senyawa hidrokarbon, dan materi lain dengan penyesuaian yang tepat, mengeksplorasi pembelajaran kreatif dan inovatif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik, khususnya pada materi pelajaran Kimia, serta dilakukan inovasi untuk menyempurnakan blended learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Pemahaman Konsep, Karakter, Senyawa Hidrokarbon
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Feb 2020 14:10
Last Modified: 27 Feb 2020 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35097

Actions (login required)

View Item View Item