MEDIA AUDIO DAN VIDEO VISUAL SEBAGAI PENDUKUNG METODE SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA NEGERI 2 SEMARANG


Gangsar Kamujo, 2501413118 (2018) MEDIA AUDIO DAN VIDEO VISUAL SEBAGAI PENDUKUNG METODE SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2501413118dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media adalah sarana penyalur pesan atau informasi baik dalam bentuk media audio dan media video visual yang digunakan sebagai pendukung dalam Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 2 Semarang yang menggunakan Kurikulum 2013 dengan metode scientific. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode scientific pada pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Semarang, mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media audio dan video visual sebagai pendukung metode scientific dalam proses belajar mengajar seni tari di SMA Negeri 2 Semarang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data meliputi obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Kriteria keabsahan data menggunakan uji kredibilitas/derajat kepercayaan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi meliputi triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di SMA Negeri 2 Semarang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Perencanaan pembelajaran meliputi Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Pelaksanaan pembelajaran meliputi guru, siswa, tujuan pembelajaran, materi atau bahan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi. Langkah-langkah pembelajaran meliputi kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Metode dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Semarang kelas X IPA 3 dan kelas X IPS 1 menggunakan metode scientificdengan tahapan meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Penggunaan media audio dan video visual di kelas X IPA 3 dan X IPS 1 SMA Negeri 2 Semarang adalah media visual berupa web internet dan program presentasi atau PPT, sedangkan pengunaan media audio dan video visual di kelas X IPS 1 adalah media visual berupa web internet, program presentasi atau PPT, dan video tari Anoman. Saran yang dapat diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian diatas adalah bagi Guru Seni Tari agar dapat maksimal dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran di kelas agar lebih inovatif dan kreatif, sehingga dapat menciptakan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar baik kegiatan teori maupun praktek. Solusinya dengan mengembangkan diri belajar dalam mempelajari dan menguasai media pembelajaran atau media pembelajaran interaktif melalui internet, web, atau dari sumber lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Audio, Metode Scientific, Video Visual, dan Pembelajaran Seni Tari
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:50
Last Modified: 09 Jan 2020 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34431

Actions (login required)

View Item View Item