Peningkatan Penguasaan Service Atas Dalam Pembelajaran Permainan Bolavoli Mini Dengan Pendekatan Pakem Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtida’iyah Tawangrejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati.

Imam Muwaffiq, 6101406613 (2011) Peningkatan Penguasaan Service Atas Dalam Pembelajaran Permainan Bolavoli Mini Dengan Pendekatan Pakem Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtida’iyah Tawangrejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Penguasaan Service Atas Dalam Pembelajaran Permainan Bolavoli Mini Dengan Pendekatan Pakem Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtida’iyah Tawangrejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati.) - Submitted Version
Download (1960Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah. bagaimana peningkatan penguasaan service atas pembelajaran permainan bola voli mini dengan pendekatan PAKEM di Madrasah Ibtida’iyah Tawangrejo Siswa Kelas V Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Karena terdapat permasalahan dalam KBM, yaitu pembelajaran berlangsung monoton sehingga siswa kurang antusias untuk mengikuti pembelajara. Hal ini terlihat sekali adalam pembelajaran permainan bolas voli. Para siswa kelas V MI Roudlotusysysubban Tawangrejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati belum begitu menguasai teknik dasar servis. Di daerah tersebut bola voli mini juga belum begitu memasyrakat, sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan permainan bola voli mini bisa lebih memasyrakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Roudlotusysysubban Tawangrejo yang berjumlah 18 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dan tes hasil belajar servis atas permainan bolavoli mini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PAKEM berpengaruh positif dalam pembelajaran servis atas bola voli mini pada siswa kelas V MI Roudlotusysyubban Tawangrejo. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatkan penguasaan servis atas pada siswa kelas V MI Roudlotusysysubban Tawangrejo. Berdasarkan hasil tes pada siklus pertama rata-rata nilai siswa adalah 62,61 meningkat menjadi 71,41 pada siklus kedua, sedangkan pada siklus ketiga nilai rata-rata siswa menjadi 76,15 meningkat dibanding siklus pertama dan kedua. Pada siklus ketiga 100% siswa dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 65 untuk nilai Penjaskes di MI Ruodlotusysyyubban Tawangrejo. Untuk lebih bisa meningkatkan lagi hasil belajar siswa, maka sebagai guru Pendidikan Jasmani harus lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan alat atau fasilitas, memvariasikan pembelajaran dan lain-lain agar siswa tertarik dan antusias mengikuti proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: PAKEM, permainan bola voli mini, service atas, pembelajaran, Madrasah Ibtida’iyah Tawangrejo, Winong, Pati
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 27 Mar 2011 21:18
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:59

    Actions (login required)

    View Item