KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI BERDASARKAN PADA PEMBERIAN GADGET OLEH ORANGTUA DI KELURAHAN SUKOREJO, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG

Laely Hidayati , 1601414096 (2018) KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI BERDASARKAN PADA PEMBERIAN GADGET OLEH ORANGTUA DI KELURAHAN SUKOREJO, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (14Mb)

    Abstract

    Orang tua pada umumnya memberikan gadget pada anaknya untuk kelancaran menambah wawasan, sarana edukasi dan hiburan. Fakta di lapangan terdapat dua macam cara orangtua memberikan gadget ke anak yang pertama yaitu orangtua mengizinkan bermain gadget setiap hari, yang kedua orangtua yang memberikan gadget pada hari tertetu. Pemberian gadget pada anak usia dini juga berdampak melalaikan bagi anak sehingga anak menjadi tidak disiplin dalam penggunaan waktu belajar, waktu bermain, waktu makan dan waktu istirahat. Ketika anak bermain gadget biasanya anak lupa waktu dan tidak memperdulikan lingkungan disekitarnya. Akibatnya anak menjadi anti sosial. Hal ini orangtua sangat berperan sekali dalam membatasi waktu dan mengawasi ketika anaknya diberikan gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaaan interaksi sosial anak usia dini berdasarkan pada pemberian gadget oleh orangtua di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif komparatif dengan subjek penelitian adalah orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun yang memberikan gadget ke anak setiap hari dan pada hari tertentu di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semaranf. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan Skala interaksi sosial anak berdasarkan pemberian gadget oleh orangtua, sedangkan analisis data menggunakan uji beda tau independent sample t-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak ada perbedaan interaksi sosial anak usia dini berdasarkan pada pemberian gadget oleh orangtua di Keluarahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Dibuktikan dengan berdasarkan perhitungan statistik, diperoleh nilai sig-2 tailed 0,940 yang berarti nilai sig-2 tailed > 0,05 dengan hasil uji hipotesis ditolak. Interaksi sosial anak usia dini berdasarkan pemberian gadget yang setiap hari dan hari tertentu di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang memiliki skor sama dikategori tinggi, yaitu 46,6% pada setiap hari dan 46,6% pada hari tertentu. Saran bagi orangtua hendaknya lebih selektif lagi dalam memberikan mainan kepada anak, dan perlu ketegasan, pendampingan dari orangtua agar nantinya gadget tidak memberikan dampak negatif yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak, terutama perkembangan interaksi sosialnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemberian Gadget, Orang Tua, Interaksi Sosial, Anak Usia 5-6 Tahun
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Relation
    H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
    L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 10 Apr 2019 10:03
    Last Modified: 10 Apr 2019 10:04

    Actions (login required)

    View Item