PERANCANGAN PROGRAM VISUAL BASIC UNTUK PERAMALAN MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING (KASUS NILAI EKSPOR KOMODITAS TEKSTIL DI JAWA TENGAH)

Rini Puji Lestari , 4112314026 (2017) PERANCANGAN PROGRAM VISUAL BASIC UNTUK PERAMALAN MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING (KASUS NILAI EKSPOR KOMODITAS TEKSTIL DI JAWA TENGAH). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (473Kb)

    Abstract

    Provinsi Jawa Tengah memiliki potensi yang tinggi pada ekspor komoditas tekstil, dimana nilai ekspor komoditas tekstil tiap bulan sering mengalami kenaikan. Oleh karena itu, peramalan terhadap nilai ekspor komoditas tekstil di Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membantu pemerintah dalam menetapkan kebijakan yang tepat dalam kegiatan perekonomian. Ekspor komoditas tekstil di Jawa Tengah yang sering mengalami peningkatan pada tiap bulannya memungkinkan data tersebut memiliki pola trend, sehingga dalam meramalkannya harus menggunakan metode yang dapat mengatasi masalah trend pada data tersebut. Dari permasalahan tersebut harus ada program yang dapat membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Program harus dapat menghitung peramalan dan dapat menganalisis hasil ramalan yang terbaik. Permasalahan dalam penelitian adalah (1) Bagaimana keakuratan program visual basic untuk peramalan menggunakan metode Moving Average dan Exponential Smoothing? (2) Metode mana yang lebih tepat untuk meramalkan nilai ekspor komoditas tekstil Provinsi Jawa Tengah pada bulan Juni 2017? (3) Berapa hasil peramalan nilai ekspor komoditas tekstil Provinsi Jawa Tengah pada bulan Juni 2017? Data yang digunakan untuk analisis adalah nilai ekspor komoditas tekstil di Jawa Tengah bulan Januari 2010 sampai dengan bulan Mei 2017 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Simpulan yang diperoleh adalah program visual basic untuk peramalan menggunakan metode Moving Average dan Exponential Smoothing sudah akurat. Keakuratan program dinilai dari hasil peramalan dan nilai forecast error menggunakan program visual basic, Ms. Excel, dan Minitab yang mana pada pembahasan memberikan hasil yang tidak jauh berbeda. Metode yang tepat untuk meramalkan nilai ekspor komoditas tekstil Provinsi Jawa Tengah pada bulan Juni 2017 adalah metode single moving average. Hasil peramalan nilai ekspor komoditas tekstil Provinsi Jawa Tengah pada bulan Juni 2017 sebesar 205,717 juta US$.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peramalan, Moving Average, Exponential Smoothing, dan Microssoft Visual basic 6.0.
    Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 09 Apr 2019 10:39
    Last Modified: 09 Apr 2019 10:39

    Actions (login required)

    View Item