SINTESIS DAN KARAKTERISASI KATALIS CaO/ZEOLITNANOPARTIKEL UNTUK TRANSESTERIFIKASI MINYAK KELAPA SAWIT


Tirnojo Ikhsan Ramdhani , 4311412052 (2017) SINTESIS DAN KARAKTERISASI KATALIS CaO/ZEOLITNANOPARTIKEL UNTUK TRANSESTERIFIKASI MINYAK KELAPA SAWIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SINTESIS DAN KARAKTERISASI KATALIS CaO/ZEOLITNANOPARTIKEL UNTUK TRANSESTERIFIKASI MINYAK KELAPA SAWIT]
Preview
PDF (SINTESIS DAN KARAKTERISASI KATALIS CaO/ZEOLITNANOPARTIKEL UNTUK TRANSESTERIFIKASI MINYAK KELAPA SAWIT) - Published Version
Download (387kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan sintesis katalis CaO/Zeolit-nanopartikel untuk reaksi transesterifikasi minyak kelapa sawit. Sintesis zeolit telah dilakukan dengan metode hidrotermal. Reaksi transesterifikasi dilakukan dengan menggunakan gelombang mikro. Modifikasi zeolit dengan CaO menggunakan metode impregnasi. Tujuan penelitian ini yaitu: (i) mengetahui karakteristik zeolitnanopartikel yang telah disintesis, (ii) mengetahui karakteristik katalis CaO/Zeolit-nanopartikel yang dihasilkan, serta (iii) mengetahui karakterisik biodiesel hasil reaksi trasesterifikasi menggunakan gelombang mikro. Zeolitnanopartikel disintesis dari prekursor alumunium isopropoksida, tetraetil ortosilikat, tetrametil ammonium hidroksida dan NaOH sebagai agen hidrolisis. Proses sintesis dilakukan dengan reaktor autoklaf pada temperatur 100°C selama 6 hari. Proses modifikasi katalis melibatkan Zeolit-nanopartikel sebagai pengemban terhadap CaO dilakukan dengan metode impregnasi. Variasi CaO yang diembankan sebesar 9%, 12% dan 15% terhadap zeolit-nanopartikel. Reaksi transesterifikasi dilakukan dengan bantuan radiasi gelombang mikro. Masingmasing katalis digunakan pada reaksi transesterifikasi antara minyak kelapa sawit dengan metanol. Perbandingan volum minyak dan metanol sebesar 1:3 dengan katalis sebanyak 2% dari berat minyak. Reaksi dilakukan di dalam microwave dengan daya 160 watt dan frekuensi 2.450 MHz serta variasi waktu 30 detik, 40 detik dan 50 detik. Zeolit dan katalis modifikasi dikarakterisasi menggunakan FTIR, XRD dan dilengkapi dengan SAA. Sedangkan hasil reaksi transesterifikasi dianalisis menggunakan GC dan dilengkapi oleh GC-MS. Hasil analisi XRD dari zeolit menunjukkan ukuran sebesar 24,9915 nm. Panjang gelombang 776 cm-1 terdeteksi sebagai vibrasi ulur simetri dari Si-O dan Al-O. Hasil analisis SAA katalis 12%CaO/zeolit-nanopartikel dapat diketahui luas permukaan, ukuran pori, volum pori berturut-turut sebesar 206,222 m2/g, 6,63380 101 Å dan 6,840 10-1 cc/g. Hasil reaksi transesterifikasi yang bisa terdeteksi terjadi pada waktu 40 detik dengan bantuan katalis 12%CaO/zeolit-nanopartikel dengan area produk sebesar 88,9%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CaO, Zeolit-nanopartikel, Impregnasi, Gelombang Mikro
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:44
Last Modified: 03 Jul 2019 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32276

Actions (login required)

View Item View Item