SISTEM PENILAIAN KESESUAIAN LAHAN UNTUK TEMBAKAU MENGGUNAKAN FUZZY SET DAN AHP DENGAN ESTIMASI PRIORITAS METODE CCMA

Nanik Tri Ratnawati , 5302413013 (2017) SISTEM PENILAIAN KESESUAIAN LAHAN UNTUK TEMBAKAU MENGGUNAKAN FUZZY SET DAN AHP DENGAN ESTIMASI PRIORITAS METODE CCMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (683Kb)

    Abstract

    Tembakau merupakan salah satu tanaman ekspor di Indonesia yang menjadi pemasukan negara melalui pajak. Peningkatan kebutuhan ekspor harus diimbangi dengan peningkatan produksi tembakau. Akan tetapi ketersediaan lahan untuk budidaya tembakau kini semakin berkurang. Penilaian kesesuaian lahan merupakan cara optimalisasi lahan dan produktivitas tembakau. Secara umum, teknik penilaian kesesuaian lahan belum akurat. Metode penilaian kesesuaian lahan yang saat ini tren adalah integrasi fuzzy set dengan AHP. Guna meningkatan akurasi hasil penilaian kesesuaian lahan, maka diperlukan sistem yang mengintegrasikan fuzzy set dan AHP. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan akurasi penilaian kesesuaian lahan melalui sistem penilaian kesesuaian lahan menggunakan fuzzy set dan AHP dengan estimasi prioritas metode CCMA untuk tanaman tembakau. Kriteria yang digunakan dalam penilaian kesesuaian lahan ini meliputi faktor iklim, tanah, dan topografi. Faktor-faktor ini terbagi kedalam 15 sub-kriteria. Setiap sub-kriteria memiliki nilai derajat keanggotaan hasil stadarisasi yang menunjukkan tingkat potensi sub-kriteria untuk budidaya tembakau dan nilai bobot masing-masing yang menunjukkan dampak sub-kriteria terhadap perkembangan tembakau. Stadarisasi nilai setiap sub-kriteria menggunakan metode fuzzy set dan pembobotan setiap kriteria menggunakan AHP dengan estimasi prioritas metode CCMA. Nilai hasil stadardisasi dan pembobotan ini digunakan untuk menentukan indeks kesesuaian lahan. Hasil penilaian sistem selanjutnya dikorelasikan dengan hasil panen dan dibandingkan dengan hasil penilaian konvensional. Hasil penilaian menunjukkan bahwa area penelitian memiliki kelas kesesuaian lahan tingkat marginal untuk budidaya tembakau. Nilai korelasi dari SPKL Fuzzy set dan AHP estimasi prioritas metode CCMA terhadap hasil panen lebih tinggi dibandingkan nilai korelasi penilaian manual. Hal ini menunjukkan bahwa metode fuzzy set dan AHP dengan estimasi prioritas metode CCMA lebih akurat dibandingkan sistem manual yang telah ada, sehingga sistem ini direkomendasikan untuk diimplementasikan dalam penilaian kesesuaian lahan untuk tembakau.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tembakau, penilaian kesesuaian lahan, fuzzy set, analytic hierarchy process, index kesesuaian lahan, kelas kesesuaian lahan.
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    T Technology > Information and Computer
    T Technology > Information and Computer > Information System
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: S.S Eko Handoyo
    Date Deposited: 03 Jan 2019 09:33
    Last Modified: 03 Jan 2019 09:33

    Actions (login required)

    View Item