PENERAPAN ANIMASI KARTUN 3D BERBASIS MUVIZU PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER (STUDI KASUS SMP AL-MADINA SEMARANG)

Kirana Diyah Prameswari , 5302412108 (2017) PENERAPAN ANIMASI KARTUN 3D BERBASIS MUVIZU PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER (STUDI KASUS SMP AL-MADINA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (984Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh Peneliti, siswa SMP Al Madina rata-rata berasal dari keluarga golongan menengah ke atas. Namun demikian, hal ini tidak ditunjang dengan kemampuan akademik siswa dan motivasi belajar siswa. Metode yang diajarkan ke siswa sejauh ini hanya dengan menggunakan metode demo benda secara langsung atau metode ceramah menggunakan power point. TIK merupakan mata pelajaran yang linier dengan perkembangan teknologi. Hal ini memungkinkan pembuatan media pembelajaran baik di bidang TIK maupun di bidang lain untuk keperluan pengembangan media pembelajaran. Salah satunya menggunakan media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu yang menarik, sehingga memotivasi siswa dalam mengikuti dan memahami pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media animasi kartun 3D berbasis Muvizu pada materi perangkat keras komputer, serta mengetahui hasil belajar dan respons siswa terhadap media. Selain itu juga dihitung bagaimana pengaruh media terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Desain One-Group Pretest-Posttest Design yang masuk ke dalam kelompok Desain Pra-Eksperimental. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dengan melakukan pre test untuk mengetahui keadaan awal kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan, kemudian diberikan perlakuan berupa penerapan media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu. Selanjutnya dilakukan post test untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dan angket untuk mengetahui respons siswa terhadap media. Media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu dikategorikan layak setelah melalui validasi dari sisi kualitas media maupun materi. Hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan uji gain dengan hasil 0.63 yang berada pada kategori sedang. Setelah diberikan angket, respons siswa terhadap media dari beberapa aspek seperti: aspek perasaan, aspek pikiran, aspek perhatian, dan aspek minat menunjukkan respons positif. Perhitungan uji korelasi dan determinasi menunjukkan bahwa media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Animasi Kartun 3D, Materi Perangkat Keras, Aplikasi Muvizu
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
    L Education > L Education (General)
    T Technology > Information and Computer > Information System
    T Technology > Computer Engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: S.S Eko Handoyo
    Date Deposited: 03 Jan 2019 08:58
    Last Modified: 03 Jan 2019 08:58

    Actions (login required)

    View Item