TUTORIAL MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Hana Nur Annisa , 5302412095 (2017) TUTORIAL MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (399Kb)

    Abstract

    Berdasarkan latar belakang masalah yang ada dalam penelitian ini, bahwa diperlukan model pembelajaran modern untuk mengatasi masalah kurangnya aktivitas belajar siswa di dalam proses belajar mengajar. Sehingga dalam penelitian ini dirasa perlu menambah inovasi dalam pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi di bidang pendidikan. Salah satunya penggunaan media pembelajaran sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media pembelajaran menggunakan model Student Teams Achievement Divisions pada mata pelajaran TIK serta mengetahui kelayakan media pembelajaran dan mengetahui hasil belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one shot case study. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu pembuatan produk dan uji coba produk. Tahap pembuatan produk terdiri dari observasi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Tahap uji coba produk dilakukan dengan cara mengimplementasikan media pada kelompok eksperimen dan selanjutnya menganalisis hasil yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan ahli media dan materi, media pembelajaran tersebut masuk ke dalam kriteria sangat layak. Multimedia interaktif ini diimplementasikan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Semarang. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,3 dengan nilai tertinggi 92,5 dan nilai terendah 60 serta ketuntasan klasikal siswa sebesar 67,74%. Diharapkan guru menggunakan media pembelajaran yang dibuat dan dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, one shot case study, teknologi informasi dan komunikasi, pre experimental design, student teams achievement divisions.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Interactive Learning
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    T Technology > Information and Computer > Information System
    T Technology > Computer Engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: S.S Eko Handoyo
    Date Deposited: 02 Jan 2019 10:13
    Last Modified: 02 Jan 2019 10:13

    Actions (login required)

    View Item