RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DI DESA KETANGGUNG, KECAMATAN SUDIMORO, KABUPATEN PACITAN, JAWA TIMUR

Adi Purnomo , 5302412084 (2017) RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DI DESA KETANGGUNG, KECAMATAN SUDIMORO, KABUPATEN PACITAN, JAWA TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (444Kb)

    Abstract

    Kelurahan merupakan salah satu tempat pelayanan masyarakat di desa. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, mendorong suatu instansi atau organisasi untuk mengikuti arus perkembangan tersebut. Oleh karena itu, layanan di kantor kelurahan juga dapat mengaplikasikan kemajuan teknologi yaitu dengan adanya sistem informasi dan pengolahan data surat kependudukan. Sistem informasi tersebut dirancang agar memudahkan masyarakat yang ingin membuat surat dan untuk aparat desa dapat mudah melakukan pelayanan pembuatan surat, tujuan lain dengan adanya sistem ini pengolahan data di kantor kelurahan yang lebih efektif, efisien, dan terkomputerisasi. Sistem pelayanan administrasi kependudukan yang dikembangkan dengan framework codeigniter. Penelitian ini menerapkan metode waterfall yang terdiri atas tahap perencanaan syarat-syarat, desain perangkat lunak, implementasi, dan pengujian. Tahap pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan uji dosen ahli, black-box testing, dan uji pengguna. Hasil pengujian tahap pertama oleh dosen ahli terhadap aspek konten sebesar 83,33%, pengoperasian program sebesar 90,62%, dan usability 92,50%. Hasil pengujian tahap kedua yang dilakukan untuk aparat desa dan warga Ketanggung menghasilkan presentase sebesar 83,33% dan 85,42%. Pengujian terakhir menggunakan uji blackbox untuk menguji fungsionalitas sistem administrasi yang memperoleh hasil memuaskan. Berdasarkan analisis hasil pengujian oleh dosen ahli, pengguna, dan blackbox, sistem administrasi layak digunakan dan mempermudah pelayanan pembuatan surat. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian di tempat yang sudah memiliki jaringan internet yang merata dan menambah fasilitas sistem menjadi lebih lengkap.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: sistem, informasi, pelayanan administrasi kependudukan, black-box
    Subjects: J Political Science > Government
    L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
    T Technology > Information and Computer > Information System
    T Technology > Computer Engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: S.S Eko Handoyo
    Date Deposited: 02 Jan 2019 09:51
    Last Modified: 02 Jan 2019 09:51

    Actions (login required)

    View Item