ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BOYOLALI

Laela Nur Farida , 7101406588 (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BOYOLALI) - Published Version
Download (1560Kb)

    Abstract

    Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan ialah menghasilkan lulusan yang siap kerja dan dapat mengembangkan sikap profesional. Hal ini didukung dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah dengan memperbanyak jumlah SMK. Hal ini dilakukan dengan melihat kondisi masyarakat saat ini bahwa para pencari kerja tidak hanya mengandalkan ijazah saja, akan tetapi juga keterampilan kerja. Namun, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan belum seluruhnya dapat terjun dalam dunia kerja. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Boyolali dan faktor apa yang paling dominan terhadap kesiapan kerja siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis faktor-faktor kesiapan kerja yang dialami siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Boyolali dan untuk menganalisis faktor-faktor kesiapan kerja yang dominan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket/kuesioner. Dan teknik analisa data menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 variabel mereduksi menjadi 11 variabel yang masing-masing mengelompok menjadi 3 faktor yaitu : 1) Pribadi Siswa dan Guru yang meliputi taraf inteligensi, sifat-sifat, strategi mengajar, dan minat. 2) On The Job Training meliputi dunia industri dan sekolah, kegiatan belajar di industri, kegiatan industri, dan bakat khusus. 3) Kurikulum yang meliputi kurikulum, kelembagaan, dan tempat belajar. Faktor 1 mampu menjelaskan 38,16% variasi. Faktor 2 mampu menjelaskan 14,5%, faktor 3 mampu menjelaskan 9,84% atau ketiga faktor mampu menjelaskan 62,5% variasi dan selebihnya sebesar 37,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model. Faktor kesiapan kerja yang dominan yaitu faktor pribadi siswa dan guru melihat nilai kumulatif dari varian sebesar 69,87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terbentuk 3 faktor dengan 11 variabel yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa yang berasal dari internal maupun eksternal serta faktor yang paling dominan. Untuk itu dapat disarankan bahwa sekolah hendaknya dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia guna meningkatkan kegiatan pembelajaran serta meningkatkan hubungan kerjasama dengan DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri) guna mempersiapkan siswa dalam memasuki dunia kerja. Selain itu faktor dominan dalam kesiapan kerja siswa berasal dari diri siswa, sehingga hendaknya siswa dapat memotivasi diri, mengembangkan kemampuannya serta memanfaatkan waktu on the job training sebaik-baiknya. Skripsi ini dapat menjadi bahan referensi bagi penelitian berikutnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Kesiapan Kerja
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 09 Aug 2011 21:18
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:05

    Actions (login required)

    View Item