POLA PENDIDIKAN PADA ANAK DALAM STRUKTUR KELUARGA BURUH PABRIK KERTAS (Studi Kasus pada PT Pura Desa Jati Wetan Kec. Jati Kab. Kudus)

Afnada Saffanata, 3401413037 (2017) POLA PENDIDIKAN PADA ANAK DALAM STRUKTUR KELUARGA BURUH PABRIK KERTAS (Studi Kasus pada PT Pura Desa Jati Wetan Kec. Jati Kab. Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (375Kb)

    Abstract

    Orangtua yang bekerja sebagai buruh pabrik kertas Pura Kudus disibukkan dengan pekerjaan dan aktifitas diluar rumah. Masalah yang timbul adalah hubungan orangtua dengan anak cenderung kurang intensif, karena keterbatasan dalam berinteraksi. Hubungan antara orangtua dengan anak hanya terjalin saat diluar jam kerja, sehingga perkembangan anak kurang diperhatikan. Oleh karena itu, ada keterlibatan keluarga besar untuk mengawasi perkembangan anak sehingga peran dalam mendidik anak dialihkan kepada angota keluarga lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui struktur keluarga buruh pabrik kertas Pura Kudus, (2) Mengetahui peran anggota keluarga buruh pabrik kertas Pura dalam mendidik anak, (3) Mengetahui pola pendidikan yang diterapkan keluarga buruh pabrik kertas Pura dalam mendidik anak. Subjek penelitian ini yaitu keluarga buruh pabrik kertas Pura Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah keterlibatan keluarga besar dalam mendidik anak pada keluarga buruh pabrik kertas Pura Kudus. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis triangulasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (1) Struktur keluarga buruh pabrik kertas Pura Kudus adalah keluarga besar yang terdiri dari tiga generasi yang meliputi kakek/nenek, bapak/ibu, anak, atau paman/bibi. Setiap anggota keluarga memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sehingga mempengaruhi cara dalam mendidik anak, (2) Peran orangtua dalam mendidik anak, menggunakan cara pendidikan melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat. Sedangkan peran dari kerabat dalam mendidik anak menggunakan cara pendidikan melalui pembiasaan, nasihat, dan hukuman, (3) Orangtua buruh pabrik kertas cenderung menggunakan pola pendidikan sesuai dengan usia anak, sehingga pola pendidikan yang diterapkan bermacam-macam. Berbeda dengan anggota keluarga lain yang mayoritas menggunakan pola pendidikan permisif, yang cenderung acuh dengan anak atau memanjakan anak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Buruh, Peran Keluarga, Pola Pendidikan, Education Pattern, Family Role, Labor
    Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 20 Dec 2018 10:56
    Last Modified: 02 Apr 2019 14:27

    Actions (login required)

    View Item