PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT DI SEKITAR USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER (Studi Kasus Mayarakat Desa Luragung, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan)

Mochamad Fauzi , 3401410030 (2017) PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT DI SEKITAR USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER (Studi Kasus Mayarakat Desa Luragung, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (393Kb)

    Abstract

    Berdirinya usaha peternakan ayam broiler yang ada di desa Luragung berdampak pada kehidupan masyarakat desa Luragung. Dampak yang muncul dengan adanya peternakan tersebut beragam dari segi sosial budaya, maupun ekonomi masyarakat. Dari dampak yang muncul dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat, sehingga sedikit demi sedikit masyarakat mengalami perubahan perilaku yang menunjukan kesadarannya akan keberadaan kandang, untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu respon masyarakat sekitar peternakan dan bagaimana perubahan perilaku sosial masyarakat akibat adanya usaha peternakan ayam broiler di Desa Luragung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, daftar pustaka dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi yang dipilih peneliti dalam melakukan penelitian yaitu peternakan yang berada di desa Luragung, kecamatan Kandangserang, kabupaten Pekalongan. Fokus penelitian dalam penilitian ini adalah menganalisis perilaku sosial masyarakat dengan adanya peternakan ayam broiler yang dekat dengan pemukiman warga di desa Luragung. Hasil penelitian yang diperoleh adalah:1. Respon yang diberikan oleh masyarakat baik positif, negative, maupun netral 2. Perubahan perilaku sosial yang dimunculkan oleh masyarakat desa Luragung yaitu perilaku hidup sehat, meningkatnya kebutuhan daging ayam dan perunahan kehidupan ekonomi masyarakat. Saran kepada pemilik usaha yaitu mengoptimalkan usaha menanggulangi masalah yang ditimbulkan dari kandang tersbut seperti polusi dan munculnya lalat yang dapat menjadi sumber penyakit, dimana hal itu dapat menimbulkan masalah sosial masyarakat yang ada di desa Luragung kecamatan Kandangserang kabupaten Pekalongan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Perilaku sosial, Peternakan Ayam
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Pollution
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Relation
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 14 Dec 2018 09:29
    Last Modified: 04 Apr 2019 13:17

    Actions (login required)

    View Item