MARKETING POLITIK DALAM PILKADA SERENTAK 2015 DI KABUPATEN KENDAL (STUDI PEMENANGAN PASANGAN dr. MIRNA ANISA M.Si DAN MASRUR MASYKUR)

Budiargo Subekti K, 3312412036 (2017) MARKETING POLITIK DALAM PILKADA SERENTAK 2015 DI KABUPATEN KENDAL (STUDI PEMENANGAN PASANGAN dr. MIRNA ANISA M.Si DAN MASRUR MASYKUR). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (498Kb)

    Abstract

    Dalam tahun 2015 merupakan pesta demokrasi local dengan skala nasional, karena terjadi momen yang penting yaitu diadakannya Pilkada serentak di hampir semua daerah tingkat Kabupaten/Kota dan beberapa Provinsi. Seperti Kabupaten Kendal yang meloloskan dua pasangan calon yakni, Widya Kandi sebagai petahana dan Mirna Annisa sebagai calon baru. Hal ini menjadi suatu tantangan bagi calon baru yang melawan sorang petahana, namun semua tergantung pola marketing politik yang dilakukan setiap pasangan calon dan tim sukses. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana marketing politik yang dilakukan Calon Bupati dan Wakil Bupati pasangan Mirna-Masrur dalam pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Kendal Tahun 2015? 2) Apa faktor-faktor kemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pasangan Mirna- Masrur dalam pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Kendal Tahun 2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kantor DPC maupun DPD partai pengusung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Metode analisis data dalam penelitian dengan menggunakan langakah – langkah 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Bentuk marketing politik yang dilakukan tim sukses maupun pasangan Mirna-Marur tidak tersusun secara sistematis dan teoritis. Usaha memasarkan pasangan lebih menekankan pada situasi dan kondisi masyarakat. Dengan persiapan yang begitu singkat tim sukses sempat kesulitan untuk membentuk citra politik Mirna-Masrur yang masih kalah dengan citra lawan yang sudah memiliki nilai keterkenalan yang baik. Namun dengan kerja keras dan kesolidtan, tim sukses dalam memperkenalkan calon kepada masyarakat akhirnya mengalir banyak dukungan 2) Dengan sosok Mirna yang baik, jujur dan masih muda dipadukan oleh sosok Masrur yang religious sungguh pasangan yang dapat menarik hati masyarakat dengan terbukti terpilihnya mereka sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kendal. Hal tersebut tidak terlepas dari penilaian masayrakat pada calon petahana yang masyarakat menganggap kurang baik untuk jadi pemimpin. Saran, 1) Marketing politik seharusnya tidak hanya dilakukan ketika akan mendapatkan simpati dari masyarakat semata, tetapi lebih dari itu marketing politik juga harus berlanjut sampai kandidat tersebut menjadi kepala daerah 2) Jangan menganggap pemilih sebgai konsumen, namun dianggap sebagai investor, begitupun dalam politik, masayarakat harus ikut mengelola dan menuai hasil dari apa yang mereka beri amanah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pilkada Serentak, Marketing Politik, Pasangan Mirna-Masrur
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    J Political Science > JS Local government Municipal government > Political Behavior
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 11 Dec 2018 11:45
    Last Modified: 04 Apr 2019 13:26

    Actions (login required)

    View Item