AKSEPTABILITAS DAN KAPABILITAS KEPALA DESA PEREMPUAN DALAM PEMERINTAHAN DESA (Studi di Desa Mindaka Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal)

Afdhalia Nurfitri Bestari , 3312412028 (2017) AKSEPTABILITAS DAN KAPABILITAS KEPALA DESA PEREMPUAN DALAM PEMERINTAHAN DESA (Studi di Desa Mindaka Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (286Kb)

    Abstract

    Budaya patriarki yang berkembang di Indonesia dimana kaum laki- laki lebih memiliki kekuatan untuk memimpin dan kaum laki- laki lebih mendominasi dibanding kaum perempuan. Hal tersebut menimbulkan stereotip dimana masyarakat menganggap perempuan itu lemah tidak bisa berfikir rasional serta dipandang nomer dua. Untuk itu terjadilah diskriminasi perempuan di ranah politik. Perempuan dianggap tidak layak dan tidak mampu sebagai pemimpin. Karena itu perlu adanya kajian mengenai kepimimpinan perempuan dalam penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Mengkaji akseptabilitas kepala desa perempuan di dalam pemerintahan Desa Mindaka Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. (2) Mengkaji kapabilitas kepala desa perempuan di dalam pemerintahan Desa Mindaka Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Fokus dalam penelitian ini adalah akseptabilitas masyarakat desa terhadap kepala desa perempuan serta kapabilitas dari seorang kepala desa perempuan sebagai pemimpin di Desa Mindaka Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akseptabilitas keberadaan pemimpin perempuan sudah mulai diterima oleh masyarakat. Terjadinya realitas sosial mengenai pemimpin perempuan khususnya di Desa Mindaka dijelaskan melalui tiga momen dialektis dari Peter Berger, yaitu eksistensi, objektivitas, dan internalisasi. Kapabilitas kepala desa perempuan dalam memimpin desanya berasal dari pengalaman berorganisasi yang dimiliki serta gaya kepemimpinan Kepala Desa Mindaka yang memfokuskan perhatiannya kepada transaksi interpersonal antar pemimpin dengan masyarakat yang melibatkan hubungan pertukaran pemilihannya dengan adanya organisasi masyarakat. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah: Kepada Masyarakat Perempuan Desa Mindaka untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam kegiatan keorganisasian agar menjadi perempuan yang aktif dan menciptakan suasana baru dengan melahirkan pemimpin – pemimpin perempuan dari generasi ke generasi. Kepada kepala Desa Mindaka perlu adanya tambahan kegiatan agar menciptakan suatu yang erat antar pemerintahan Desa Mindaka dengan Masyarakat dengan tujuan terciptanya kedekatan serta pemahaman secara tidak langsung bahwa pemimpin perempuan juga mampu membangun desa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Akseptabilitas, Kapabilitas,Kepemimpinan Perempuan, Kepala Desa Perempuan
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > District Head
    J Political Science > JS Local government Municipal government > Village Official
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 11 Dec 2018 11:39
    Last Modified: 05 Apr 2019 09:34

    Actions (login required)

    View Item