IMPLEMENTASI PROGRAM ECO-SETTLEMENT DALAM PENGENTASAN PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN REJOMULYO, KECAMATAN SEMARANG TIMUR, KOTA SEMARANG

Ilham Utomo Putra , 3211413043 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM ECO-SETTLEMENT DALAM PENGENTASAN PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN REJOMULYO, KECAMATAN SEMARANG TIMUR, KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (484Kb)

    Abstract

    Perencanaan permukiman yang mengedepankan aspek lingkungan ini disebut sebagai permukiman berwawasan lingkungan. Salah satu konsep permukiman yang mendukung keberlanjutan aspek lingkungan adalah Eco-settlement. Konsep Ecosettlement merupakan konsep tempat bermukim/bertempat tinggal yang ekologis yang dikembangkan dari konsep pembangunan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui penilaian mengenai perkembangan kualitas permukiman yang tidak layak huni di Kelurahan Rejomulyo. 2). Mengetahui implementasi yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang mengenai program Eco-settlement dalam pengentasan permukiman kumuh di Semarang Timur. 3). Menganalisis upaya yang dilakukan masyarakat dalam mewujudkan kualitas permukimam yang berbasis Ecosettlement. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive random sampling dengan populasi 450 rumah ditentukan populasi 100 rumah di ketiga RW yaitu RW 02, 06, dan 07. Untuk penilaian keseluruhan kualitas permukiman ini, peneliti menggunakan metode rating scale, variabel penelitianya yaitu kondisi fisik bangunan di Kelurahan Rejomulyo, berikut adalah penjabaraan perhitungan keseluruhan dari hasil penilaian yang selanjutnya telah peneliti analisis hasil dari masing-masing aspek. Hasil penelitian yang di lakukan, penilaian perkembangan kualitas permukiman yang tidak layak huni mencapai 47%, hasil itu bertujuan agar dapat menentukan pengklasifikasian penggolongan kategori penilaian perkembangan kualitas permukiman di Kelurahan Rejomulyo masuk dalam kategori permukiman kumuh sedang yang cenderung masih mendekati kategori permukiman kumuh rendah. Saran bagi Pemerintah Kota Semarang perlu lebih mengupanyakan mewujudkan permukiman yang berwawasan lingkungan guna pengentasan permukiman kumuh di Semarang. Selain dari pemerintah perlu adanya peran serta masyarakat dalam mewujudkan permukiman yang layak huni serta memperhatikan keselarasan terhadap lingkungan Pemerintah dan masyarakat dapat berkolaborasi dengan baik dalam mengentaskan permukiman kumuh di Kota Semarang khususnya Kelurahan Rejomulyo.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi, Eco-Settelment, Permukiman Kumuh
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 03 Dec 2018 13:30
    Last Modified: 29 Mar 2019 14:24

    Actions (login required)

    View Item