FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI PEMUKIMAN DALAM MENENTUKAN LOKASI PERUMAHAN DI PERUMAHAN BUKIT SUKOREJO DAN PERUMAHAN TRANGKIL SEJAHTERA KECAMATAN GUNUNGPATI

Sudono Salim Raharjo , 3211410012 (2017) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI PEMUKIMAN DALAM MENENTUKAN LOKASI PERUMAHAN DI PERUMAHAN BUKIT SUKOREJO DAN PERUMAHAN TRANGKIL SEJAHTERA KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (501Kb)

    Abstract

    Arti pemukiman menekankan pada cara-cara memukimi suatu tempat tertentu oleh seseorang atau sekelompok orang, atau proses memukimkan penduduk dari dari daerah pemukiman tertentu ke suatu daerah pemukiman yang baru. Preferensi pemukiman adalah suatu tempat tertentu yang lebih disukai oleh sesorang atau sekelompok orang, atau proses memukimkan penduduk dari daerah permukiman tertentu ke suatu daerah permukiman baru yang lebih disukai. Dalam memilih lokasi perumahan yang dijadikan tempat tinggal, masyarakat Kota Semarang mempunyai kecenderungan yang berbeda-beda dalam memilih lokasi perumahan yang akan dijadikan sebagai tempat tinggal. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang menjadikan konsumen untuk memilih tinggal di Perumahan Bukit Sekorejo dan Perumahan Terangkil Sejahtera. Lokasi penelitian dilakukan di Perumahan Bukit Sukorejo dan Perumahan Trangkil Sejahtera. Variabel yang digunakan adalah variable dorongan internal (tingkat pendidikan, tingkat ekonomi keluarga, hasrat/keinginan pemilihan rumah hunian, estetika lokasi, prestise lokasi) dan variable dorongan eksternal (aksesibilitas terhadap tempat bekerja dan fasilitas pelayanan, nilai kondisi lingkungan). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan pembuatan peta dengan Sistem Informasi Geografi (SIG). Data yang dikumpulkan dalam penelitian berupa hasil pengukuran lapangan dan data sekunder lainnya, kuesioner dijawab oleh masyarakat mengenai pemilihan lokasi rumah. Data penelitian dianalisis dengan analisis table silang (cross tab). Sehingga nantinya akan diperoleh gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan lokasi tempat tinggal. Penghuni perumahan/pemukim yang mempunyai tingkat pendidikan perguruan tinggi umumnya telah melalui perencanaan dan pertimbangan yang mantap dalam preferensi permukiman, terutama dalam hal mengenai lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Bagi penghuni perumahan/pemukim yang memiliki tingkat pendapatan > Rp. 1.500.000,- memilih lokasi untuk tempat tinggal mereka dengan mempertimbangkan estetika dan prestise lokasi, lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Perlu adanya pertimbangan yang matang mengenai jumlah / perluasan lokasi permukiman di pinggiran kota, khususnya di kawasan berketinggian (perbukitan). Meskipun peluang pengembangan permukiman kearah kawasan tersebut ada, namun hanya sebagian masyarakat yang umumnya lulusan perguruan tinggi dan berpendapatan relatif tinggi yang berminat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Permukiman, Pemukiman, dan Preferensi Pemukiman
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 30 Nov 2018 13:00
    Last Modified: 05 Apr 2019 10:11

    Actions (login required)

    View Item