EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DISPLAY MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANGGULANGANNYA SISWA KELAS VIII SMPN 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Dea Halimatus Syadiah , 3201412028 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DISPLAY MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANGGULANGANNYA SISWA KELAS VIII SMPN 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (310Kb)

    Abstract

    Kelas merupakan central of learning (pusat pembelajaran) karena kelas memiliki peran penting dalam proses pembelajaran untuk menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Display kelas merupakan tampilan pada ruang kelas dengan berbagai karya kreativitas peserta didik atau guru serta media visual lainnya yang menunjang dalam proses pembelajaran di kelas. Adanya display kelas sangat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan display materi permasalahan lingkungan hidup dan penanggulangannya dilihat dari aktivitas siswa; (2) mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan display materi permasalahan lingkungan hidup dan penanggulangannya dilihat dari respon siswa; (3)mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan display materi permasalahan lingkungan hidup dan penanggulangannya dilihat dari hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experiment Design dengan desain penelitian One Group Pretest and Posttest. Populasi penelitian yaitu kelas VIII dan sampel penelitiannya yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol (pembanding). Teknik pengambilan data menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji t-test sampel berkorelasi dan uji gain. Hasil penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa kelas eksperimen mendapat nilai 73% dengan kriteria aktif. Respon siswa kelas eksperimen mendapat nilai 81% dengan kriteria baik. Nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol yaitu 66,89 dan kelas eksperimen yaitu 65,73. Setelah mendapatkan pembelajaran dan dilaksanakan posttest, kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 79,00 dengan 27 siswa tuntas (84,38%), dan 5 siswa tidak tuntas (15,63%). Sedangkan dikelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 83,75 dengan 28 siswa tuntas (93,33%) dan 2 siswa tidak tuntas (6,67%). Berdasarkan hasil penelitian, saran yang ingin disampaikan penulis yaitu sekolah perlu melengkapi sarana dan prasarana sebagai tempat untuk mendukung guru dalam men-display dan display kelas harus dikelola agar tidak menjadi “sampah display”. Cara yang bisa dilakukan antara lain: disimpan dalam gudang jika sudah lewat materi yang telah di ajarkan, dibuat pameran produk, dikembalikan kepada siswa, atau menjadi sampel untuk sekolah lain yang membutuhkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media, Display Class
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General) > Instructional Media
    L Education > Special Education > Geography Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 22 Nov 2018 14:05
    Last Modified: 05 Apr 2019 10:15

    Actions (login required)

    View Item