SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA NILAI HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 1 KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN BERBASIS WEB

Dyah Wahyu Mentari , 5302412051 (2017) SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA NILAI HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 1 KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN BERBASIS WEB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1123Kb)

    Abstract

    SMP Negeri 1 Karangrayung dalam mengolah data nilai hasil belajar siswa masih menggunakan sistem manual yaitu mengerjakan dengan Microsoft excel kemudian dikumpulkan ke bagian kurikulum baru setelahnya diberikan kepada wali kelas dalam bentuk lembaran kertas. Terkait hal tersebut maka dibutuhkan suatu sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa berbasis web, pengujian sistem berdasarkan uji blackbox, uji portability dan uji efficiency, dan hasil implementasi sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa berbasis web dengan angket uji pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang dimulai dari studi pendahuluan, perancangan dan pengembangan sistem informasi, validasi sistem, uji pengguna, hasil uji pengguna, analisis hasil pengguna, dan kemudian menarik kesimpulan. Sedangkan untuk pengujian sistem menggunakan uji black box, uji portability, uji efficiency dan uji respon pengguna. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya. Hasil yang didapatkan dari pengujian black box atau fungsionalitas pada sistem menunjukkan masing-masing test case adalah valid, uji portability yang memiliki persentase kelayakan sebesar 95%, dan uji efficiency dengan skor performance 72%. Hasil implementasi dari sistem melalui uji respon pengguna menunjukkan bahwa SIOLDAN sangat baik sebagai sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa. Saran yang diharapkan yaitu perlu ditambahkan kolom input nilai pertimbangan, validasi sistem dan menambahkan proteksi sistem berupa firewall atau dapat juga dilakukan pemantauan adanya serangan menggunakan software IDS (Intruder Detection System) seperti autobuse, courtney, ataupun shadow dari SANS.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : SIOLDAN, Sistem, Informasi, Pengolahan, Nilai, Web
    Subjects: T Technology > Information and Computer > Website
    T Technology > Information and Computer > Information System
    T Technology > Computer Engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: S.S Eko Handoyo
    Date Deposited: 22 Nov 2018 13:12
    Last Modified: 22 Nov 2018 13:12

    Actions (login required)

    View Item