IMPLEMENTASI METODE SMARTER (Simple Multi Atribute Rating Technique Exploiting Ranks) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PENERIMA DANA BANTUAN SISWA MISKIN (BSM)

Devi Larasati , 5302412042 (2017) IMPLEMENTASI METODE SMARTER (Simple Multi Atribute Rating Technique Exploiting Ranks) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PENERIMA DANA BANTUAN SISWA MISKIN (BSM). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (537Kb)

    Abstract

    Hasil evaluasi dan studi berlanjut tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K) terhadap pelaksanaan program BSM menunjukan kelemahan dari program yaitu pada penetapan sasaran BSM. Untuk meningkatkan ketepatan sasaran maka perlu diperbaiki dalam alur usulan calon siswa penerima dana BSM yang dimulai dari tingkat sekolah hingga pusat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat sistem pendukung keputusan menggunakan metode SMARTER untuk penyeleksian rekomendasi penerima dana BSM tingkat sekolah. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Bahasa pemograman yang digunakan PHP dengan text editor sublime. Pengujian sistem yang digunakan yaitu pengujian white box, black box dan uji pengguna di SD N 1 Kalijoyo. Hasil penelitian yaitu terbentuklah sistem pendukung keputusan yang digunakan untuk rekomendasi penerima dana BSM tingkat sekolah menggunakan metode SMARTER yang terdiri dari 3 kriteria yaitu kriteria utama, khusus dan umum yang memenuhi persyaratan dalam kelayakan sistem. Uji sistem kepada pengguna menghasilkan presentase rata-rata 85% yang berarti sistem sangat layak untuk digunakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sistem pendukung keputusan, BSM, SMARTER
    Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering > Microcontroller
    T Technology > Information and Computer > Information System
    T Technology > Computer Engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: S.S Eko Handoyo
    Date Deposited: 22 Nov 2018 13:01
    Last Modified: 22 Nov 2018 13:01

    Actions (login required)

    View Item