PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC LEARNING BERBASIS EDMODO MATERI SUMBER DAYA ALAM DI MADRASAH ALIYAH AL – ASROR TAHUN 2017

Moh. Adibusshofa , 3201410042 (2017) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC LEARNING BERBASIS EDMODO MATERI SUMBER DAYA ALAM DI MADRASAH ALIYAH AL – ASROR TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (311Kb)

    Abstract

    Pembelajaran dengan menggunakan media electronic learning berbasis edmodo memiliki perbedaan dengan media lainya, perbedaan tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang lebih menekankan pada interaksi belajar serta kemandirian belajar, kedisiplinan siswa serta keaktifan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui cara penggunaan media pembelajaran electronic learning berbasis edmodo, (2) mengetahui tanggpan siswa terkait pembelajaran menggunakan media pembelajaran electronic learning berbasis edmodo (3) mengetahui hasil belajar siswa pada penggunaan media pembelajaran electronic learning berbasis edmodo. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi yang berjumlah 1 orang dan siswa kelas XI IPS tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 siswa kemudian penulis mengambil 20 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data berupa : dokumentasi, observasi, angket, tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi persentase. Dari hasil penelitian tersebut menjelaskan langkah-langkah menggunakan edmodo, yaitu sebagai berikut : (1) Melakukan pendaftaran, (2) Mengatur akun, (3) Membuat Grup / Kelompok, (4) Mengunggah bahan ajar di library, (5) Mengunggah penugasan / assignment dan quiz, (6) Mengisi penilaian pada gradebook,(7) Memberikan award. Penilaian rata-rata hasil tanggapan siswa berjumlah 90 % menyatakan termasuk kategori sangat baik. Penilaian rata-rata hasil belajar siswa berjumlah 80 %, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik . Simpulan dari penelitian ini media pembelajaran elektronic learning berbasis Edmodo dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran yang lebih menarik karena dengan memanfaatkan fitur Folder dan Quiz yang ada pada Edmodo, dilengkapi gambar-gambar, animasi, video dan link sehingga dapat menjadikan pembelajaran lebih interaktif serta membentuk kedisiplinan dan kemandirian belajar siswa. Saran dari penulis adalah diperlukannya pelatihan tentang media Edmodo agar guru yang ada di sekolah dapat memanfaatkan Edmodo pada kegiatan belajar mengajar materi atau mata pelajaran yang lain. Bagi siswa diharapkan untuk lebih memanfaatkan media e lectroning learning berbasis edmodo dengan maksimal karena dapat digunakan menjadi sarana sumber belajar dan informasi serta latihan soal sebagai penunjang proses belajar mengajar di kelas dan menambah pengetahuan siswa yang nantinya diharapkan juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Edmodo
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General) > Instructional Media
    L Education > Special Education > Geography Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 22 Nov 2018 12:43
    Last Modified: 05 Apr 2019 09:43

    Actions (login required)

    View Item