PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN PENGUNJUNG TERHADAP PERILAKU PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN OBYEK WISATA PANTAI CARUBAN

Imron Fachrudin , 3201410006 (2017) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN PENGUNJUNG TERHADAP PERILAKU PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN OBYEK WISATA PANTAI CARUBAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (196Kb)

    Abstract

    Kabupaten Rembang memiliki potensi wisata alam yang sangat menarik, tetapi belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Pantai Caruban telah menjadi objek wisata yang menarik bagi banyak wisatawan. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota datang untuk menikmati indahnya alam Pantai Caruban. Namun sayangnya banyak pengunjung yang datang kurang memperdulikan kebersihan dan kerapihan lingkungan wisata Pantai Caruban. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh tingkat pendidikan wisatawan terhadap perilaku kebersihan lingkungan obyek wisata Pantai Caruban, (2) mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan wisatawan terhadap perilaku kebersihan lingkungan obyek wisata Pantai Caruban. Populasi penelitian adalah semua pengunjung yang berada di obyek wisata Pantai Caruban yang berjumlah kurang lebih 130 pengunjung saat penelitian dilakukan, dan peneliti mengambil 88 pengunjung sebagai sampel. Teknik pengumpulan data berupa: kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan pengambilan data dilapangan, responden yang memiliki pendidikan SD sebanyak 11 orang (12,5%), pendidikan SMP sebanyak 40 orang (45,5%), SMA sebanyak 31 orang (35,2%), dan yang berpendidikan sarjana sebanyak 6 orang (6,8%). Responden yang memiliki pengetahuan wisatawan sangat baik ada 17 orang (19,32%), memiliki pengetahuan baik ada 47 orang (53,41%), memiliki pengetahuan rendah ada 19 orang (21,59%), dan yang memiliki pengetahuan sangat rendah ada 5 orang (5,68%). Rata-rata nilai dari keseluruhan responden adalah 70,17 atau dengan kriteria baik. responden yang memiliki perilaku peduli kebersihan lingkungan wisata sangat baik ada 24 orang (27,27%), responden yang memiliki perilaku baik ada 45 orang (51,14%), responden yang memiliki perilaku jelek ada 19 orang (21,59%). Rata-rata nilai yang diperoleh responden tentang perilaku peduli kebersihan lingkungan adalah 71,05 atau dengan kriteria baik. Saran yang peneliti berikan bagi pengunjung adalah pengunjung tidak merusak dan mengotori tempat-tempat wisata yang ada. Saran bagi pemerintah adalah sebaiknya lebih baik lagi dalam mengelola tempat wisata dengan memberikan pengetahun perilaku wisata yang baik ketika berkunjung sehingga tidak ada lagi pengunjung yang tidak tahu tentang peduli kebersihan lingkungan di tempat wisata.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan, Perilaku Peduli Kebersihan Lingkungan
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > Special Education > Geography Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 22 Nov 2018 12:37
    Last Modified: 04 Apr 2019 14:50

    Actions (login required)

    View Item