UPAYA GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN BATANG, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH

Faizal Ibnu Mardianta, 3101412135 (2017) UPAYA GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN BATANG, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (324Kb)

    Abstract

    Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru sejarah di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran kurikulum 2013, yang mencakup persepsi evaluasi, perencanaan evaluasi pembelajaran, pelaksanaan penilaian, tindak lanjut pelaksanaan penelitian, kendala yang dihadapi guru dan upaya guru mengatasi kendala. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Batang dan SMA Negeri 2 Batang. Fokus penelitian ini adalah persepsi dan kegiatan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, kendala dan upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Batang dan SMA Negeri 2 Batang terhadap evaluasi pembelajaran adalah pada proses penilaian peserta didik berdasarkan kompetensi dan refleksi guru sejarah. Perencanaan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan menyusun RPP dan instrumen penilaian yang berdasarkan silabus dan kompetensi dasar. Guru melaksanakan penilaian berdasarkan kompetensi yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, yang berupa observasi, tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Guru sejarah juga melaksanakan tindak lanjut penilaian yaitu remidi, pengayaan dan pelaporan hasil belajar. Kendala yang dihadapi guru adalah melaksanakan penilaian terhadap siswa yang banyak dengan instrumen penilaian yang rumit dan bermacam-macam disetiap pertemuannya. Terlebih waktu dalam melaksanakan penilaian terbatas dengan waktu mengajar. Upaya yang dilaksanakan oleh guru adalah melaksanakan perencanaan, penilaian dan tindak lanjut dengan cara yang mudah dan sesuai dengan kendala serta kondisi yang dihadapi. Simpulan penelitian ini adalah guru berhasil melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan baik, melaksanakan penilaian sesuai dengan pedoman penilaian dan mampu mengatasi kendala sekaligus mengoptimalkan kinerja guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum 2013
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    L Education > Special Education > History Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 21 Nov 2018 13:17
    Last Modified: 05 Apr 2019 10:26

    Actions (login required)

    View Item