MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI MICROSOFT WORD MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG

Yonif Efendi , 5302412010 (2017) MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI MICROSOFT WORD MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII SMP NEGERI 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (294Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 22 Semarang diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran memiliki peran penting dalam pembelajaran di sekolah sehingga perlu terus dilakukan inovasi. Inovasi yang tepat pada penerapan model pembelajaran mampu memberikan warna baru kepada siswa di setiap kegiatan belajarnya sehingga diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Pada penelitian ini mengarah untuk menambah inovasi dalam pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi zaman sekarang, yaitu salah satunya penerapan model pembelajaran Think Pair Share sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan skenario model pembelajaran Think Pair Share, menguji validitas kelayakan media skenario dan mengetahui tingkat keberhasilan dari penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Metode dalam penelitian ini adalah pre experimental designs (nondesigns) dengan bentuk penelitian one shot case study. Pada penelitian ini terdapat suatu kelompok yang diberikan treatmen/perlakuan, kemudian melakukan observasi terhadap hasil dari pemberian treatmen/perlakuan tersebut. Media skenario model pembelajaran Think Pair Share untuk mata pelajaran TIK kelas VIII pada materi Microsoft Word layak digunakan. Hasil penilaian oleh dosen ahli media dari jurusan Teknik Elektro Unnes yang sekaligus sebagai dosen pembimbing menyatakan media skenario layak untuk digunakan. Penilaian oleh ahli materi memberikan kategori sangat layak dengan persentase 88,9%. Model pembelajaran Think Pair Share diterapkan pada proses pembelajaran siswa kelas VIII A SMP Negeri 22 Semarang yang sedang menempuh mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest yaitu 75,39 dengan nilai tertinggi 87,5 dan nilai terendah 60 serta ketuntasan klasikal siswa sebesar 69% sehingga penerapan model pembelajaran Think Pair Share menunjukkan keberhasilan yang baik setelah diterapkan kepada siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: skenario, model Think Pair Share, Microsoft Word
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
    L Education > L Education (General)
    T Technology > Information and Computer > Information System
    T Technology > Computer Engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 30 Jul 2018 08:53
    Last Modified: 30 Jul 2018 08:53

    Actions (login required)

    View Item