PENILAIAN KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KEDELAI MENGGUNAKAN METODE HIMPUNAN FUZZY DAN AHP

Hermanto , .5302412008 (2017) PENILAIAN KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KEDELAI MENGGUNAKAN METODE HIMPUNAN FUZZY DAN AHP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (555Kb)

    Abstract

    Adanya penurunan luas lahan pertanian kedelai berpengaruh pada berkurangnya produksi kedelai dari tahun ke tahun sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan konsumsi kedelai nasional. Penilaian kesesuaian lahan merupakan salah satu upaya untuk dapat mengoptimalkan penggunaan lahan. Pada proses penilaian kesesuaian lahan dengan cara manual dirasa belum akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode Himpunan Fuzzy dan AHP untuk meningkatkan akurasi pada proses penilaian kesesuaian lahan tanaman kedelai. Sejumlah lima sub-kriteria digunakan sebagai parameter dalam penilaian kesesuaian lahan tanaman kedelai. Nilai dari ke-5 sub-kriteria diubah ke dalam nilai derajat keanggotaan fuzzy sebagai proses standarisasi untuk mengklasifikasikan setiap sub-kriteria ke dalam kelas kesesuaian lahan. Pembobotan menggunakan AHP dilakukan untuk menentukan tingkat kepentingan dari sub-kriteria. Indeks kesesuaian dan kelas kesesuaian lahan akhir diperoleh dari kalkulasi antara nilai-nilai derajat keanggotaan dan bobot tiap subkriteria sebelum nantinya dioverlay dengan data spasial untuk menghasilkan peta kesesuaian lahan tanaman kedelai. Penerapan metode Himpunan Fuzzy dan AHP dapat menggantikan proses scorring dan pembobotan manual pada metode konvensional yang masih diterapkan di beberapa penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 81,42% dari total luas adalah cukup sesuai (S2) untuk tanaman kedelai, 11,25% adalah sesuai marginal (S3) dan 7,33% tidak sesuai (N). Dari hasil penilaian kesesuaian lahan tanaman kedelai telah diuji dan memiliki tingkat kecocokan yang akurat dengan produktivitas kedelai di lapangan. Studi ini menunjukkan bahwa model penilaian kesesuaian lahan menggunakan metode Himpunan Fuzzy dan teknik AHP dapat digunakan untuk kesesuaian lahan kedelai dan dapat menjadi dasar untuk perencanaan pertanian untuk mengoptimalkan produksi kedelai.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penilaiaian Kesesuaian Lahan, Tanaman Kedelai, Himpunan Fuzzy, AHP (Analytical Hierarchy Process)
    Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
    L Education > L Education (General)
    T Technology > Information and Computer > Information System
    T Technology > Computer Engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 27 Jul 2018 14:10
    Last Modified: 27 Jul 2018 14:10

    Actions (login required)

    View Item