OPTIMALISASI PENGELOLAAN KULKAS ALAT BANTU JUAL PT. SINAR SOSRO BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICE

Andik Prabowo , 5302411136 (2017) OPTIMALISASI PENGELOLAAN KULKAS ALAT BANTU JUAL PT. SINAR SOSRO BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (507Kb)

    Abstract

    Alat Bantu Jual (ABJ) merupakan sarana yang dipinjamkan dari suatu perusahaan / perorangan kepada pelanggan sebagai bentuk kontribusi untuk meningkatkan penjualan produk – produk perusahaan tersebut. Pada pengelolaan ABJ masih ditemukan berbagai macam permasalahan yang ada. Mulai dari ABJ yang dipinjamkan perusahaan kepada pelanggan banyak dimasuki produk – produk dari kompetitor, peminjaman ABJ yang tidak tepat sasaran, dan perawatan ABJ yang kurang optimal, serta pengelolaan database lokasi ABJ yang masih konvensional. Location Based Services (LBS) merupakan suatu layanan yang bereaksi aktif terhadap perubahan entitas posisi sehingga mampu mendeteksi letak objek dan memberikan layanan sesuai dengan letak objek yang telah diketahui tersebut. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi smartphone android yang mengimplementasikan metode LBS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan pengelolaan ABJ yang dikelola oleh teknisi dan staff administrasi pada setiap kantor penjualan PT. Sinar Sosro. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall yang memiliki siklus tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Proses pengujian dilakukan dalam rangka melakukan validation pada perangkat lunak. Proses validation dilakukan dengan black-box testing, white-box testing, dan uji pengguna. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi Asset Report Management (ASREM) yang telah mengimplementasikan metode LBS. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ASREM antara lain : Report, Data Asset, Routes, Report History, serta About. Hasil pengujian dari aplikasi ASREM pada uji pengguna untuk front-end sebesar 88,94% dan 86,58% untuk back-end sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Tingkat optimalisasi sebelum menggunakan aplikasi ASREM pada pengolahan data Master Asset Electric Coller (MA EC) menjadi data fusion menunjukkan 89,67% dan setelah menggunakan aplikasi ASREM menjadi 92,81% artinya mengalami peningkatan sebesar 3,14%. Sedangkan untuk penanganan service ABJ berupa kulkas sebelum menggunakan aplikasi ASREM yaitu sebesar 83,86% dan setelah menggunakan aplikasi ASREM persentase naik menjadi 91,51%, artinya mengalami peningkatan sebesar 7,65%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Android, Alat Bantu Jual, Location Based Service
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
    T Technology > Information and Computer > Website
    T Technology > Information and Computer > Information System
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 26 Jul 2018 09:56
    Last Modified: 26 Jul 2018 09:56

    Actions (login required)

    View Item