PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID MATERI AJAR GERAK DAN GAYA DI SMK 1 KEDUNGWUNI

M. Fahrudin Ali Reza , NIM.5302411122 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID MATERI AJAR GERAK DAN GAYA DI SMK 1 KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (224Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran berbasis Android dalam materi ajar gerak dan gaya serta menerapkan aplikasi tersebut ke dalam pembelajaran di sekolah sebagai alternatif pembelajaran. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall yang memiliki siklus tahap analisis kebutuhan, desain, implementasi (pembangunan aplikasi) dan tahap pengujian. Tahap pengujian terdiri dari uji blackbox, validasi perangkat lunak (aplikasi media pembelajaran) dan tahap uji tanggapan pengguna melalui pengambilan data dengan angket. Analisis data menggunakan skala Likert untuk menentukan panjang interval penilaian untuk aplikasi media pembelajaran. Hasil pengujian menunjukan bahwa media pembelajaran dalam bentuk buku saku digital berbasis Android termasuk kategori layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah. Pengujian validasi produk aplikasi media diperoleh skor 69 dengan presentase interval penilaian media 75% (Keriteria Setuju/Layak). Sedangkan hasil uji tanggapan pengguna diperoleh skor 1967 dengan presentase interval penilaian kelayakan media yaitu 80,87% (Keriteria Setuju/Layak).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, buku saku digital, Android, Gerak dan Gaya
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
    T Technology > Information and Computer > Website
    T Technology > Information and Computer > Information System
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 26 Jul 2018 09:51
    Last Modified: 26 Jul 2018 09:51

    Actions (login required)

    View Item