PENGARUH PENGGUNAAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) BERBASIS FLASH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR TIK DI SMP YATPI GODONG

Welda Novianti Nugraha , 5302411058 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) BERBASIS FLASH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR TIK DI SMP YATPI GODONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (390Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Yatpi Godong diketahui bahwa penggunaan kurikikulum sudah kembali ke Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) setelah sebelumnya menggunakan Kurikulum Tahun 2013. Nilai rata-rata ulangan harian siswa pada pelajaran TIK belum memenuhi standart KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), sehingga harus dibantu dengan remidial agar nilai dapat memenuhi standar KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK dengan metode pembelajaran CBI, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran CBI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif deskriptif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan model desain pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling total, siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Motode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, tes, angket. Hasil angket minat belajar siswa sebelum adanya metode pembelajaran CBI rata-rata kecenderungan minat belajar siswa sebesar 53,8. Sesudah adanya metode pembelajaran CBI rata-rata kecenderungan minat belajar siswa sebesar 64,9, ini berarti siswa mengalami peningkatan sebesar 11,1. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 68 dan nilai rata-rata posttest adalah 74,75, ini berarti terjadi peningkatan sebesar 6,5. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 69,5 dan nilai rata-rata posttest adalah 80,25, ini berarti meningkat sebesar 10,75. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CBI dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP Yatpi Godong.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Computer Based Instruction (CBI), minat, hasil belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
    T Technology > Information and Computer > Information System
    T Technology > Computer Engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 26 Jul 2018 09:41
    Last Modified: 26 Jul 2018 09:41

    Actions (login required)

    View Item